• Juli 15, 2014

    Pemecahan Misteri Nisekoi

    Hai sobat dari kalangan penggemar anime, khususnya Nisekoi. Saya selaku penikmat manga karangan Naoshi Komi ingin bermain tebak-tebakan soal rahasia 10 tahun lalu dari kisah di Nisekoi. Saya akan mengeluarkan teori saya soal misteri-misteri di Nisekoi yang mungkin membuat anda penasaran. Semua teori yang akan saya kemukakan ini adalah hasil dari pengumpulan semua informasi dari manga nisekoi. Semua fakta saya kumpulkan dan menghasilkan sebuah kemungkinan yang paling mendekati dengan kebenaran. Langsung saja kalau begitu pembahasannya.

    INI HANYA TEORI, BUKAN ASLI DARI PEMBUATNYA !!


    KONFLIK

    1. Raku Ichijo membuat janji dengan seorang gadis 10 tahun lalu saat berusia 5 tahun. Mereka meninggalkan liontin dan kunci sebagai kenang-kenangan. Tapi Raku tidak ingat siapa gadis yang membuat janji dengannya. Apa pula janji yang dibuatnya dengan gadis itu?

    2. Ternyata terdapat 4 gadis yang memegang kunci dengan model yang berbeda-beda. Yaitu : Chitoge Kirisaki, Kosaki Onodera, Marika Tachibana, dan Yui Kanakura. Lalu siapa diantara mereka yang pernah berjanji dengan Raku saat kecil?

    3. Diantara semua karakter utama, yaitu : Raku, Chitoge, Kosaki, Marika, dan Yui tidak begitu ingat kejadian 10 tahun lalu dan menjadi misteri.


    FAKTA TENTANG GADIS 10 TAHUN LALU YANG BERJANJI DENGAN RAKU

    1. Gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu bermata cokelat atau hitam. Sudah dijelaskan oleh Raku saat Raku amnesia.

    2. Gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu berambut panjang.

    3. Gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu berjanji akan menikah dengan Raku jika bertemu kembali. Bukti pertemuannya adalah dengan membuka liontin milik Raku menggunakan kunci milik si gadis.

    4. Gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu pernah membaca buku berjudul “Zawse In Love” dengan sad ending. Raku kemudian mengubah endingnya dengan happy ending. Kejadian ini berlangsung di gunung/bukit, atau hanya padang rumput biasa.


    KANDIDAT GADIS YANG BERJANJI DENGAN RAKU 10 TAHUN LALU

    1. Chitoge Kirisaki (anak keluarga gangster Beehive)

    Chitoge dan Kuncinya

    2. Kosaki Onodera (anak keluarga pembuat manisan Jepang)

    Kosaki dan Kuncinya

    3. Marika Tachibana (anak keluarga komisaris polisi Jepang)

    Marika dan Kuncinya

    4. Yui Kanakura (don keluarga mafia Cina Char Siu)

    Yui dan Kuncinya



    MISTERI

    1. Siapa gadis yang pernah berjanji dengan Raku 10 tahun yang lalu?

    2. Apa janji yang Raku buat dengan gadis itu dan apa isi dari liontin Raku?

    3. Apa hubungan antara keempat kunci dengan liontin milik Raku?

    4. Apa rahasia yang disembunyikan Marika saat melihat buku bergambar di rumah Onodera? Apa Shu mengetahuinya?

    5. Bagaimana ending dari Buku “Zawse In Love”? Diketahui bahwa ending tersebut adalah sad ending.

    6. Apa rahasia yang disembunyikan antara Marika dengan Mikage (teman SMP Marika yang pernah bully Marika). Apa juga yang Mikage tanyakan ke Honda?

    7. Mengapa Marika terkejut saat melihat Yui? Ada apa sebenarnya antara Yui dengan Marika?

    8. Mengapa Yui diam saat melihat Kosaki untuk pertama kali di kelas?

    9. Apa yang diketahui Yui tentang kejadian 10 tahun lalu?

    10. Mengapa Yui mengenal Shu dan Tsugumi?

    11. Bagaimana timeline waktu pertemuan Raku dengan Chitoge, Kosaki, Marika, dan Yui?

    12. Bagaimana akhir cerita dari Nisekoi? [KONSPIRASI]

    PEMECAHAN MISTERI NISEKOI


    MISTERI 1

    Siapa gadis yang pernah berjanji dengan Raku 10 tahun yang lalu?

    Gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu adalah Chitoge Kirisaki.

    [+] Bukan Marika, karena Marika 10 tahun lalu harus terbaring di rumah sakit karena memiliki penyakit serius. Marika tidak mungkin gadis yang membaca buku “Zawse In Love”. Rambut Marika waktu kecil juga pendek. Dia bertemu Raku pertama kali karena Raku memanjat pohon dekat jendela rumah sakit, dan disitulah awal mula Raku bertemu dengan Marika. Akhirnya Raku sering menghampirinya setiap hari.
    [+] Bukan Kosaki, karena Kosaki berambut tidak cukup panjang mengingat bayangan dari gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu yang berambut panjang. Tapi kalian mungkin tidak bisa menerima teori ini.
    [+] Bukan Yui, karena gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu lebih pendek dari Raku. Sedangkan 10 tahun lalu, Yui lebih tinggi dari Raku.

    MISTERI 2

    Apa janji yang Raku buat dengan gadis itu dan apa isi dari liontin Raku?

    Janji yang dibuat Raku dengan gadis 10 tahun lalu adalah janji bahwa mereka akan menikah saat bertemu lagi dan membuka isi liontin Raku dengan kunci si gadis.

    Beberapa kemungkinan isi liontin Raku antara lain :
    [+] 2 cincin. Gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu mengatakan bahwa mereka akan menikah jika bertemu lagi dan membuka isi liontin. Mungkin cincin sangat tepat jika mereka ingin menikah.
    [+] Foto Raku dan gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu. Dengan membuka isi liontin Raku, bisa dipastikan rahasia 10 tahun lalu akan terkuak. Kemungkinan isinya adalah foto Raku dengan gadis yang berjanji dengannya 10 tahun lalu bergandengan tangan dan terdapat tulisan “Zawse In Love” di balik foto. Dengan begitu semua akan jelas siapa gadis yang dimaksud.
    [+] Surat dari si gadis untuk Raku. Kemungkinan adalah surat berisi kenangan 10 tahun lalu dan pernyataan cintanya untuk Raku. Bisa dibilang Raku akan terharu ketika membaca surat ini dan kembali flashback ke masa lalu dengan mengatakan “Benar juga”. Isinya juga mengandung penjelasan hubungan Raku dengan Chitoge (asumsikan sebagai gadis yang berjanji dengan Raku), Kosaki, Marika, Yui, bahkan hal tak terduga lainnya.

    MISTERI 3

    Apa hubungan antara keempat kunci dengan liontin milik Raku?

    Kunci milik Chitoge, Kosaki, Marika, dan Yui pasti ada hubungannya dengan liontin milik Raku. Mengapa ada 4 kunci? Coba ingat buku bergambar yang ada di rumah Kosaki. Buku itu sebenarnya adalah buku "Zawse In Love". Isinya adalah kisah tentang sang putri dengan sang pangeran yang saling mencintai berpisah karena keluarga mereka bermusuhan. Akhirnya sang pangeran mencari sang putri, tapi terhalang oleh gerbang. Muncullah gadis yang menolong Raku untuk membuka gerbang itu dengan kunci. Terdapat 3 gerbang yang menghalangi sang pangeran dan 3 gadis yang menolongnya dengan kunci.

    Dari sini bisa anda banyangkan apa fungsi kunci-kunci itu? Untuk menolong sang pangeran menemui sang putri. Jika begitu, ada 1 kunci utama dan 3 kunci sampingan.

    Maka dari itu, perlu 4 kunci untuk membuka liontin Raku. Dengan urutan tertentu, kunci-kunci itu akan dapat membuka perlahan-lahan liontin Raku, dan kunci milik si gadislah yang dapat membuka liontin dengan urutan terakhir. Sama seperti kisah di buku "Zawse In Love".

    Mengapa kunci Chitoge patah saat berusaha membuka liontin Raku? Bukan karena Chitoge terlalu keras memutarnya. Tapi karena di dalam liontin itu ada sesuatu yang mengganjal. Benda itu adalah ujung kunci yang patah. Ada seseorang yang sudah pernah membuka liontin itu, tapi karena tidak cocok akhirnya kunci itu patah ujungnya dan tertinggal di dalamnya. Lalu kunci siapa itu? Tentu saja kunci milik Yui.

    Coba perhatikan kunci milik Yui di bawah ini. Bentuk kuncinya tidaklah utuh.


    Pemecahan Misteri Nisekoi

    Dulu, Yui pernah mencoba membuka liontin milik Raku dengan kuncinya yang berlambang bintang. Karena tidak berada urutan yang benar, alhasil kunci itu patah. Makanya, Yui pernah mengatakan ke Raku bahwa liontin itu tidak akan terbuka, untuk saat ini. Tapi kapan Yui mencoba membukanya? Tentu saja dengan menyelinap ke kamar Raku. Itulah kenapa sejak kecil ,Yui selalu menyelinap ke kamar Raku. Karena Yui selalu penasaran dengan isi liontin itu, Yui berusaha membukanya diam-diam. Karena kuncinya tidak pada urutan yang benar, ujung kunci itu patah dan tertinggal di dalam.


    Pemecahan Misteri Nisekoi


    MISTERI 4

    Apa rahasia yang disembunyikan Marika saat melihat buku bergambar di rumah Onodera? Apa Shu mengetahuinya?


    Marika terkejut saat melihat buku bergambar di rumah Kosaki. Mengapa? Mungkin karena 10 tahun lalu, Raku pernah cerita ke Marika soal gadis yang dia sukai 10 tahun lalu suka membaca buku berjudul “Zawse In Love”, yaitu buku bergambar yang ditemukan di rumah Kosaki. Kita tahu bahwa Marika tidak mengetahui siapa gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu. Oleh karena itu, Marika terkejut. Mungkinkah Kosaki adalah gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu. Dia mungkin berpikir demikian. Shu kemudian mencurigainya.

    Shu mungkin berpikir seperti ini, “Marika pasti kecewa karena dia tahu bukan dia gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu. Kalau begitu, apakah Kosaki orangnya.” Padahal kita tahu bahwa Chitoge juga mengetahui kalimat “Zawse In Love”.

    Lalu bagaimana penjelasan soal Chitoge yang mengetahui kalimat "Zawse In Love"? Kita tahu bahwa buku itu sudah tidak jual, Raku tidak menemukan buku itu di toko buku manapun. Itu karena buku itu sudah tua. Penjelasannya mungkin begini. Chitoge adalah gadis yang ditemui Raku sedang membaca buku "Zawse In Love". Tapi ketika Chitoge akan pindah ke Amerika, buku itu diberikan ke Raku bersamaan dengan kunci dan liontin. Setelah chitoge pergi, Raku menunjukkan buku itu ke Kosaki, Yui, dan Marika (tapi tidak bersama-sama, melainkan dengan waktu yang berbeda). Akhirnya Yui harus pindah ke Cina karena keluarganya. Itulah perpisahan Raku dengan Yui. Marika pun telah meninggalkan rumah sakit karena kondisinya sudah cukup baik. Sudah pasti, buku itu akhirnya diberikan ke Kosaki. Dan ternyata buku itu ditemukan di rumah Kosaki. Masuk akal kan?

    MISTERI 5

    Bagaimana ending dari Buku “Zawse In Love”? Diketahui bahwa ending tersebut adalah sad ending.

    Kita semua tahu bahwa gadis yang membaca buku “Zawse In Love” itu menangis melihat ending ceritanya. Kemudian Raku datang dan mengganti endingnya dengan happy ending. Begini penjelasannya :

    [+] Fakta bahwa pangeran dan putri di dalam buku itu, berpisah. Dan ketika pangeran berusaha mencarinya, ternyata terhalang oleh gerbang (total ada 3 gerbang yang akan menghalanginya). Disitulah akhirnya pangeran tidak bisa bertemu dengan sang putri. Raku mengubah ceritanya dengan menambahkan 3 orang gadis yang membantunya membuka gerbang dengan kunci. Disini sudah jelas bukan? Tapi teori ini memiliki kekurangan, karena di cover buku sudah ada 3 gadis pembantu dengan kunci, dan juga pangeran dan putri. Jadi bukan Raku yang membuat ceritanya seperti itu. Tapi memang begitulah ceritanya.

    [+] Mungkin saja sad ending karena sang putri ternyata meninggal. Akhirnya Raku mengubah ceritanya dengan membuat sang putri hidup dan kemudian bertemu dengan pangeran. Mereka kemudian menikah dan bahagia selamanya. Teori ini lebih masuk akal.

    [+] Saya juga punya teori yang lebih mengejutkan. Bagaimana jika, 3 gadis yang menolong pangeran menemui putri, ternyata jatuh cinta pada pangeran. Dan akhirnya pangeran berpaling dari sang putri dan memilih salah satu dari 3 gadis itu. Kondisi ini sama dengan Raku yang menyukai Kosaki, padahal cinta sejatinya adalah Chitoge. Apakah bisa diterima sebagai sad ending?

    MISTERI 6

    Apa rahasia yang disembunyikan antara Marika dengan Mikage (teman SMP Marika yang pernah bully Marika). Apa juga yang Mikage tanyakan ke Honda?

    Rahasia antara Marika dengan Mikage, saya berpendapat bahwa rahasia itu bukan soal kesehatan Marika, tapi soal gadis yang Raku sukai 10 tahun lalu. Kurang lebih beginilah yang Marika ceritakan ke Mikage :

    Sebenarnya Marika menyukai teman masa kecilnya, Raku. Tapi dia tahu bahwa Raku ternyata masih menyukai gadis lain, yaitu gadis yang pernah membaca buku “Zawse In Love” (asumsikan saja Chitoge). Marika tidak ingat siapa gadis itu, tapi yang pasti Marika kenal dengan Chitoge dan Kosaki lewat cerita Raku, atau pernah bertemu langsung. Sedangkan Yui, Marika sepertinya ada hubungan khusus, nanti akan saya jelaskan. Kemudian dia menanyakan pendapat Mikage. Tentu Mikage menjawab, “Kejarlah cinta sejatimu, jangan menyerah. Kau pasti bisa mendapatkan dia”. Dia yang dimaksud adalah Raku.

    Pemecahan Misteri Nisekoi

    Apakah teori diatas bisa diterima? Lalu, soal yang ditanyakan Mikage ke Honda. Mikage bertanya, "Bagaimana dia melakukannya?", Honda menjawab, "Apanya yang bagaimana?". Itu mudah saja ditebak. Jika saya tidak salah, Mikage menanyakan, bagaimana bisa Marika berpacaran dengan Raku? Kalian ingat jika Mikage dibohongi oleh Marika kalau Marika sudah berpacaran dengan Raku, bahkan bertunangan. Saya yakin, Mikage akhirnya mengetahui kalau Marika berbohong karena telah diberitahu oleh Honda. Misteri ini sudah beres kan?

    Pemecahan Misteri Nisekoi


    Lalu soal hal yang dibicarakan Mikage dan Marika. Mikage bertanya "apakah kau sudah memberitahukannya tentang HAL ITU?", Marika terdiam. Tapi akhirnya Marika merespon "ini akan membutuhkan waktu untuk mengubah perasaan seseorang".

    Pemecahan Misteri Nisekoi

    Haha, bukannya jelas? Mikage menyinggung ke Marika soal apakah Marika sudah memberitahu ke Raku bahwa apa dia masih menyukai gadis yang dia sukai 10 tahun lalu? Itulah yang dimaksud Mikage dengan “Hal Itu”. Sudah pasti Marika tidak akan menanyakannya. Dia bakal patah hati kan jika Raku bilang iya? Maka dari itu Marika berkata kepada Mikage, “butuh beberapa waktu untuk mengubah perasaan seseorang”

    MISTERI 7

    Mengapa Marika terkejut saat melihat Yui? Ada apa sebenarnya antara Yui dengan Marika?


    Pemecahan Misteri Nisekoi

    Marika begitu terkejut ketika Yui menjadi wali kelas di kelasnya. Yui juga menyinggung kalau dia amat dekat dengan Marika. Mengapa Marika ketakutan? Karena Yui mengetahui rahasia Marika soal 10 tahun lalu. Marika takut jika rahasianya terbongkar. Rahasia apakah itu? Sama seperti Mikage, Yui juga mengetahui jika 10 tahun lalu, Marika menyukai Raku tapi Raku menyukai gadis lain. Marika khawatir jika Yui akan membocorkan semua rahasia Marika, baik itu curhatan soal Raku, maupun surat cinta untuk Raku. Marika juga khawatir jika Yui membocorkan siapa gadis yang berjanji dengan Raku. Yui mungkin saja tahu, begitulah yang Marika pikirkan. Bisa dibilang Yui adalah teman curhat Marika saat kecil.

    MISTERI 8

    Mengapa Yui diam saat melihat Kosaki untuk pertama kali di kelas?

    Pemecahan Misteri Nisekoi

    Ini yang bikin kita penasaran. Apakah Yui diam saat melihat Kosaki karena Kosaki adalah si gadis yang berjanji dengan Raku? Sepertinya Yui mengetahui sesuatu soal Kosaki. Sebenarnya ini cukup sulit dipecahkan, tapi saya akan coba menebaknya. Kembali ke 10 tahun yang lalu. Raku, Yui, Chitoge, Kosaki, dan Marika pernah bermain bersama. Tapi yang lebih sering adalah Raku, Yui, Chitoge, dan Kosaki. Seiring dengan mereka bermain bersama, Yui mengamati Chitoge dan Kosaki. Kalian tahu jika Kosaki adalah tipe pemalu dan cenderung suka memendam perasaan. Yui mungkin merasa kalau Kosaki dulu menyukai Raku, tapi malu-malu dengan Raku. Sedangkan Chitoge lebih aktif bermain dengan Raku. Maka dari itu Yui terdiam melihat Kosaki, karena Kosaki dulu menyukai Raku. Apakah teori ini masuk akal? Sedangkan Marika, Marika mungkin pernah bermain 2 atau 3x dengan Raku dan lainnya. Itu karena Raku yang mengajaknya keluar dan memperkenalkannya ke lainnya. Mereka bahkan pernah mandi bersama haha.

    MISTERI 9

    Apa yang diketahui Yui tentang kejadian 10 tahun lalu?

    Saya yakin Yui tahu banyak soal kejadian 10 tahun lalu, karena Yui sudah cukup lama bersama Raku dibanding Kosaki, Chitoge, dan Marika. Yui malah disebut kakak oleh Raku, karena Yui lebih tua dan sangat dekat dengan Raku. Raku pernah bilang kalau Yui selalu melakukan apapun bersama dengannya, dan Raku bertanya-tanya, apakah Yui juga bersamanya saat berjanji dengan gadis itu? Jawabannya adalah iya, mungkin saja. Saya juga berpikir kalau Yui sudah sering dicurhati oleh Marika soal perasaannya ke Raku dan Rakunya menyukai gadis lain. Jadi, mungkin Yui sudah tahu siapa gadis lain yang dimaksud Marika.

    Jadi, yang diketahui Yui adalah :
    [+] Marika menyukai Raku, tapi dia merasa sakit hati karena Raku menyukai gadis lain.
    [+] Kosaki menyukai Raku diam-diam, mungkin terlihat dari sikapnya saat bermain dengan Raku.
    [+] Chitoge menyukai Raku, dengan menyatakan perasaanya sebelum dia pindah ke Amerika dan menyerahkan kunci dan liontin. Maka dari itu, Chitoge adalah saingan terberat Yui untuk mendapatkan Raku. Yui tahu jika Chitogelah yang berani menyatakan perasaannya ke Raku. Apakah masuk akal? Yui juga pernah bilang kalau Chitoge mungkin "masih" ada rasa suka ke Raku. Berarti pernah suka kan?

    Pemecahan Misteri Nisekoi


    MISTERI 10

    Mengapa Yui mengenal Shu dan Tsugumi?

    [+] Yui sangat akrab dengan Shu karena Shu sudah mengenal Raku sejak kecil, lebih dari semuanya. Lalu barulah bertemu dengan Yui yang dari Cina bersama keluarganya. Kemudian Yui sempat tinggal di rumah Raku untuk beberapa hari/bulan. Akhirnya Shu diperkenalkan Raku ke Yui. Disitulah mereka bisa kenal dan akrab.
    [+] Yui ternyata juga mengenal Tsugumi. Tapi bagaimana? Karena Mafia Cina Char Siu memiliki hubungan dekat dengan Gengster Beehive. Lagipula, kronologisnya mungkin begini. Tsugumi pertama kali diadopsi oleh Claude saat 10 tahun yang lalu, entah di Jepang atau Amerika. Kemudian dikenalkan ke Chitoge, dan mereka mulai akrab. Pasti Tsugumi pernah diajak Chitoge untuk bermain bersama Raku dan lainnya. Disitulah Yui mengenal Tsugumi. Tapi teori ini punya kekurangan, karena Chitoge tidak tahu kenapa Yui kenal dengan Tsugumi. Ini cukup aneh, apakah lazim seseorang bisa tidak ingat seperti itu, atau memang karena teorinya salah? Teori cadangan adalah, Yui kenal Tsugumi melalui pertemuan Char Siu dengan Beehive.

    MISTERI 11

    Bagaimana timeline waktu pertemuan Raku dengan Chitoge, Kosaki, Marika, dan Yui?

    Mungkin inilah misteri yang paling membuat penasaran semua orang yang menikmati kisah Nisekoi. Sebenarnya saya ingin tetap menyimpan teori ini sebagai tebak-tebakan saja, tapi karena banyak orang berspekulasi di luar sana, dan bukan apa-apa, tapi saya menganggap teori mereka kurang tepat. Jadi saya geregetan ingin mengeluarkan teori saya sendiri.

    Langsung saja, inilah teori saya untuk menjawab timeline waktu pertemuan Raku dengan Chitoge, Kosaki, Marika, Yui, bahkan Shu dan Tsugumi.

    PERTEMUAN RAKU DENGAN SHU
    Ini mudah saja. Karena Shu adalah teman Raku sejak TK. Shu-lah yang bermain lebih lama dengan Raku dibanding yang lainnya.

    PERTEMUAN RAKU DENGAN YUI
    Apa kalian tahu kenapa Shu akrab dengan Yui? Bahkan Shu memanggilnya Yui-nee (Kak Yui). Karena tidak lama setelah itu, Yui datang ke rumah Yakuza bersama keluarganya, yaitu Mafia Cina Char Siu. Mungkin ada urusan keluargan. Kemudian Yui dikenalkan ke Raku. Lalu kenapa bisa Yui dianggap kakak oleh Raku? Karena Yui dititipkan di rumah Raku dalam beberapa hari atau bulan. Kemudian keluarganya harus kembali ke Cina, sedangkan Yui ditinggal di Jepang dan akan dijemput lagi. Yui pernah bilang kalau dia sudah terbiasa tinggal di rumahnya Raku. Bukan begitu?

    Pemecahan Misteri Nisekoi

    Kemudian Yui diperkenalkan Raku ke Shu, dan bisa ditebak mereka pasti bermain bersama. Shu akhirnya juga menganggapnya kakak. Yui selalu bersama dengan Raku. Jadi Yui cukup banyak mengetahui kejadian 10 tahun lalu.

    PERTEMUAN RAKU DENGAN KOSAKI
    Sebenarnya saya agak ragu dengan teori ini, karena bisa dibilang kalau keluarga Kosaki tidak ada kaitannya antara Yakuza, Mafia, ataupun Gengster. Keluarganya adalah pembuat manisan Jepang. Jadi saya berpendapat kalau pertemuan Raku dan Kosaki adalah karena keluarga Raku memesan manisan Jepang dalam jumlah banyak untuk menyambut tamu dari Mafia Cina Char Siu. Ibu Onodera dan Kosaki mengantarnya ke rumah Yakuza. Ketika Kosaki datang, dia melihat Raku untuk pertama kalinya, lalu jatuh cinta pada pandangan pertama, apa ini masuk akal? Kemudian mereka berkenalan dan mulai dekat, akhirnya mereka sering bermain bersama. Yui menyadari kalau Kosaki menyukai Raku, tapi dia merahasiakannya dari Raku. Makanya, karakter yang ditampilkan pertama kali di Nisekoi sedang bersama Raku adalah Shu dan Kosaki. Apa masuk akal?

    PERTEMUAN RAKU DENGAN CHITOGE
    Selanjutnya adalah Chitoge. Seorang teman yang ingin bertemu, ayah dari Chitoge dan ayah dari Raku, mereka punya urusan. Pertemuan itu berlokasi di dekat padang rumput yang luas, mungkin dekat bukit juga. Anda tahu kenapa opening anime Nisekoi menggunakan scene pesawat kertas? Bukankah itu petunjuk atau semacamnya? Jadi begini. Pihak Chitoge sudah tiba duluan di lokasi. Sambil menunggu, Chitoge akhirnya pergi ke dekat bukit dan membaca buku "Zawse In Love". Kemudian pihak Yakuza tiba. Raku memutuskan untuk bermain dengan pesawat kertas sambil menunggu ayahnya. Ketika dia melemparnya, pesawat itu terus terbang dan bertemulah dia dengan Chitoge. Raku melihat Chitoge membaca buku sambil menangis, lalu Raku menghampirinya. Itulah saat Chitoge menanyakan namanya dan mulai berteman. Teori saya ini cukup kuat kan? Lalu Chitoge dikenalkan ke Yui dan Kosaki.

    PERTEMUAN RAKU DENGAN TSUGUMI
    Yui mengatakan bahwa Tsugumi juga pernah bermain bersama Raku dan yang lainnya. Saat Tsugumi dan Chitoge berteman, Chitoge selalu bercerita ke Tsugumi soal Raku, yaitu orang yang disukai Chitoge. Bisa dibilang kalau Tsugumi itu teman curhat. Chitoge akhirnya mengajak Tsugumi berkenalan dengan Raku. Haha, cukup masuk akal. Mereka pernah bermain bersama-sama. Tapi yang ingat hanya Yui. Ini yang menjadi misteri. Kenapa yang ingat hanya Yui? Apakah karena Yui sudah cukup tua saat itu?

    PERTEMUAN RAKU DENGAN MARIKA
    Kita sudah tahu hal ini. Raku memanjat pohon dekat jendela rumah sakit, dan dia melihat Marika disana. Pertanyaannya adalah, kenapa Raku memanjat? Mungkin atau tidak, karena dia ingin mengambil pesawat kertasnya yang nyangkut di pohon. Akhirnya Raku dan Marika makin dekat, dan suatu saat Raku mengajak Marika keluar untuk bermain. Saya tahu jika Marika sakit, tapi karena ini manga, dan juga demi cinta, Marika bersedia melakukannya, tanpa sepengetahuan ayahnya. Marika kemudian berkenalan dengan Yui, Kosaki, Chitoge, dan Tsugumi. Apakah Shu ikut? Saya pikir tidak. Shu hanya kenal Yui dan Raku saat kecil, tapi mungkin kenal Kosaki juga. Ternyata, Yui sangat akrab dengan Marika.

    Apa anda sudah cukup puas dengan teori saya ini? Kalau begitu, saya tambah lagi teori untuk memuaskan anda. Dimana ada pertemuan, disitu ada perpisahan.

    PERPISAHAN RAKU DENGAN CHITOGE
    Saya menganggap kalau Chitoge adalah gadis yang berjanji dengan Raku 10 tahun lalu (entah benar atau tidak). Chitoge yang berpisah duluan dengan Raku, karena urusan keluarganya sudah selesai. Dia pindah ke Amerika dan meninggalkan semuanya, dan sebelum itu, Raku berbicara dengannya.
    Raku : Apakah kau akan kembali?
    Chitoge : Kita pasti akan bertemu kembali. Tapi maukah kau berjanji denganku?
    Raku : Janji apa?
    Chitoge : Aku akan memberikanmu kunci dan liontin. Ada 4 kunci, aku pegang satu, sedangkan 3 sisanya simpan saja bersama liontin itu. Saat kita bertemu lagi, kita akan membuka liontin itu bersama. Dan kita akan menikah.
    Raku : Baiklah. Aku berjanji.
    Chitoge. Dan juga, aku serahkan buku ini padamu. (Buku Zawse In Love). Simpanlah buku itu baik-baik.
    Kurang lebih seperti itu kejadiannya. Tsugumi juga ikut Chitoge ke Amerika. Tapi ketika di Amerika, Tsugumi berpisah dengan Chitoge dan dia mulai dilatih oleh Claude menjadi pembunuh handal.

    PERPISAHAN RAKU DENGAN MARIKA
    Marika berpisah dengan Raku karena satu alasan. Kondisi tubuhnya sudah membaik, dan dia meninggalkan rumah sakit. Tapi sebelum Marika dan Raku berpisah, Raku memberikan 1 kunci ke Marika untuk membantu Raku membuka liontin pemberian Chitoge. Apakah Marika tahu kalau itu dari Chitoge? Tentu tidak.

    PERPISAHAN RAKU DENGAN YUI.
    Jika saya tidak salah, perpisahan selanjutnya adalah Raku dengan Yui. Setelah lama Yui tinggal bersama Raku, tiba waktunya keluarganya dari Cina menjemput dia. Dan kalian tahu, dia menjadi Don Char Siu Group. Tapi sebelum pergi, Raku memberinya 1 kunci untuk membuka liontin pemberian Chitoge.

    PERPISAHAN RAKU DENGAN KOSAKI
    Satu lagi yang saya tidak cukup yakin untuk berteori. Setelah semua gadis teman masa kecil Raku pergi, Kosaki-lah yang terakhir bersama Raku. Saya tidak punya teori bagus untuk alasan mereka berpisah, tapi mungkin karena entah Raku atau Kosaki pindah rumah. Sebelum itu, 1 kunci diberikan ke Kosaki untuk membuka liontin pemberian Chitoge. Sama seperti Marika, Yui, dan Kosaki. Raku mengikat janji dengan mereka, janjinya itu adalah janji bahwa mereka akan bertemu kembali dan membuka liontin ini.

    Saya rasa teori saya bisa diterima, bukan begitu sobat?

    MISTERI 12

    Bagaimana akhir cerita dari Nisekoi?

    Ini hanyalah tebak-tebakan admin. Sudah pasti masalah ending biarlah pembuat Nisekoi yang tahu.

    Ini yang paling dinanti penggemar setia Nisekoi. Bagaimana kira-kira ending dari Nisekoi? Apakah happy ending? Atau malah sad ending? Kita mulai berpikir cemas jika berakhir sad ending. Karena Raku disukai oleh banyak gadis seperti Chitoge, Kosaki, Marika, Yui, Haru (adik Kosaki) dan Tsugumi. Tapi Raku harus memilih salah satu diantara mereka. Bukankah berarti yang lain akan tersakiti? Saya juga berpikir demikian. Tapi pasti sang mangaka Naoshi Komi punya ending yang bagus untuk Nisekoi.

    Kita sepakat berpendapat kalau gadis yang dicintai Raku 10 tahun lalu adalah Chitoge Kirisaki. Tapi saat ini, Raku menyukai Kosaki Onodera. Dia harus memilih salah satu. Cinta masa lalu, atau cinta yang sekarang. Yui pun pernah menyinggung Raku, apakah Raku benar-benar bisa mencintainya jika dia tahu siapa gadis yang berjanji dengannya 10 tahun lalu.

    Pemecahan Misteri Nisekoi

    Untuk itu, Raku harus memilih. Kosaki atau Chitoge. Lalu bagaimana dengan Yui dan Marika?

    Kita tahu kalau Raku tidak ada perasaan dengan Yui, ataupun Marika. Raku menolak Yui, karena Raku menganggap Yui sebagai kakak kandungnya sendiri. Dia tidak bisa mencintainya. Yui pasti bisa menerima pernyataan itu. Sedangkan Marika, Raku juga menolak. Ini cukup menyedihkan, karena Marika benar-benar cinta mati dengan Raku. Pengorbanannya bahkan sangat banyak, lebih banyak dari yang lain. Dia pasti sangat sedih jika ditolak oleh Raku. Tapi mungkin begini, Marika akan menghargai perasaan Raku dan berkata "Baiklah. Aku tahu aku tidak bisa memaksamu untuk mencintaiku. Itu sama saja dengan cinta palsu (Nisekoi), tapi apabila itu membuatmu bahagia, aku tidak keberatan untuk merelakanmu. Kejarlah cinta sejatimu, Raku." Wah wah, pasti scene yang sedih. Akhirnya dia berhenti memanggil Raku-sama.

    Pilihan terakhir, antara Chitoge dengan Kosaki. Inilah yang paling membuat penasaran. Karena semua petunjuk mengarah ke Chitoge, jadi mau tidak mau pasti Chitoge yang akan dipilih. Lalu bagaimana prosesnya? Chitoge dan Kosaki melontarkan pertanyaan ke Raku tentang siapa yang akan dipilihnya. Raku lalu berpikir sejenak. Dia pasti kebingungan. Tapi Raku memutuskan untuk memilih Chitoge, alasannya adalah, cukup sulit untuk saya terka, tapi menurut saya, itu karena...

    Cinta Palsu (Nisekoi) antara Chitoge dan Raku, menjadi Cinta Sejati. Lalu bagaimana dengan Kosaki? Pasti sedih bukan, karena Kosaki juga amat menyukai Raku, meskipun hanya memendam perasaannya saja. Ini cukup sulit diterima oleh Kosaki, tapi saya yakin Kosaki tidak selemah itu. Dia akan mendukung hubungan Raku dengan Chitoge, dan akan memendam perasaannya (lagi) ke Raku jauh-jauh. Saya juga cukup yakin, di scene ini, semua karakter baik Shu, Ruri, Marika, Yui, Tsugumi atau mungkin keluarga Yakuza dan Beehive ikut mendengarkan.
    Shu : Kau benar-benar hebat, Raku.
    Ruri : Kosaki, kau sekarang sudah semakin dewasa.
    Tsugumi : Aku turut bahagia melihat Tuan Putri bahagia bersama orang yang dicintainya.
    Yui : Kau sudah dewasa, Raku.
    Marika : Raku-sama, kau adalah pria yang luar biasa.
    Pihak Yakuza dan Beehive akan menangis terharu, apalagi Claude -_- Claude akan mulai memercayai Raku.

    Lalu bagaimana soal Tsugumi yang suka dengan Raku? Mungkin Tsugumi menyatakan ke Raku kalau dia suka padanya, tapi lalu Tsugumi bilang kalau dia tidak bisa memiliki Raku, karena Chitoge.
    Raku : Jadi, sebenarnya apa yang ingin kau katakan Tsugumi?
    Tsugumi : Ichijo-kun, aku ingin mengatakan sesuatu padamu. Sebenarnya, aku, menyukaimu.
    Raku : ..... Tsugumi? ...
    Tsugumi : Aku tahu. Meski aku menyukaimu, aku tidak akan bisa memilikimu. Karena, kau adalah, orang yang dicintai oleh Tuan Putri (Chitoge). Aku tahu kalian hanya pura-pura pacaran, tapi Tuan Putri benar-benar jatuh cinta padamu!
    Raku : .....
    Tsugumi : Jadi, aku minta padamu. Tolong buatlah Tuan Putri bahagia. Itu sudah cukup membuatku merasa bahagia. Hanya kaulah pria yang dicintainya.
    Kurang lebih seperti itu.

    Lalu bagaimana soal hubungan Ruri dengan Shu? Maaf, biarkan yang ini tetap menjadi misteri.

    Saya rasa kurang lebih begitulah ending cerita dari Nisekoi karangan Naoshi Komi. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan, atau pun teori yang tidak sesuai dengan pendapat anda, karena teori ini pun hanya untuk mengisi rasa penasaran saja sambil menunggu Nisekoi tamat. Semua petunjuk yang ada dirangkai menjadi sebuah kemungkinan yang mendekati kebenaran. Tapi tetap, teori diatas tidak akan berguna jika Naoshi Komi selaku pengarang berpendapat lain. Benar atau tidak, kita tetap menyukai Nisekoi!!!

    Mohon kembangkan teori ini hingga benar-benar mendekati kebenaran. Jangan lupa gunakan petunjuk yang ada sebagai bukti yang kuat.

    { 319 komentar... read them below or Comment }

    1. well semua teori mengapa mengarah ke chitoge.mungkin sebagian besar nisekoi lover mengharapkan kosaki yang dipilih -_- yah mau bagaimana lagi mungkin jalan ceritanya begitu.oh ya terus bagaimana lanjutannya pernyataan cintanya adeknya kosaki min ? kok belom disebutin.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Semua teori mengarah ke Chitoge, karena petunjuk yg mengarah ke Chitoge cukup banyak. Dan wah... Ternyata masih ada yang penasaran dengan kisah cintanya Haru ya? Bukannya dia memutuskan untuk memendam perasaannya dalam-dalam. Dia lebih memilih mendukung kakaknya, sama seperti Tsugumi yg mendukung Chitoge. Saya tidak punya cukup petunjuk untuk menunjukkan kalau Haru bakal menyatakan cinta. Tapi, keputusan tetap pada Naoshi Komi.

        Hapus
      2. Tapi sih kayaknya ujung2 nya chitoge, dimana2 kalo pict nisekoi pasti kebanyakan sama chitoge '_'
        Terus, kalo dilihat lagi, lebih seru raku-chitoge, chitoge nya tsundere, gamau ngaku2 suka marah2, tapi ujung2nya suka. Coba kalo sama kosaki, pasti bakal flat banget cerifanya. Cewek feminin, bla bla bla. Baasi aah -,-

        Hapus
      3. mimin...aku padamu deh pokoknya :P , ternyata kita berada di jalur yang sama ya..
        haduh, jangan sampe Raku akhirnya sama kosaki dong, aku bisa kecewa banget ni ntar. Elvira bener, jalan ceritanya bakalan kurang menarik kalo kosaki sama raku & pastinya bukan cuma chitoge yang akan tersakiti, aku di sini juga bakalan ikut merana. hohoho..

        Hapus
      4. wah saya baru baca teori ini hahaha, tapi saya kurang setuju sama mistery ke 12
        bukannya yui belum mengetahui atau tidak mengetahui kalau raku suka sama kosaki ? jadi yang ini masi belum bsa di tebak.

        Hapus
      5. btw, situs baca manga-nya dimana ya?
        saya bingung nyari kesana kemari gk jelas smua

        makasih gan

        Hapus
      6. btw, situs baca manga-nya dimana ya?
        saya bingung nyari kesana kemari gk jelas smua

        makasih gan

        Hapus
      7. Nih gan biasanya ane baca manga nya di sini http://mangaku.web.id/baca-online-komik-nisekoi-bahasa-indonesia/ silahkan hehe

        Hapus
      8. Maaf bro, tapi sebenarnya saya sangat tidak setuju tentang teori anda, itu mah kelihatan dari kata2 anda yang kebanyakan merujuk ke Chitoge. Memang benar, tapi kan belum ada episode yang menjelaskan dengan pasti kalau chitoge lah yang dipilih oleh raku... Tolong jangan asal nebak, karena bisa saja Naoshi Komi membuat banyak jebakan dalam film Nisekoi ini (Bisa saja faktanya ke Onodera, tachibana, maupun yang lainnya)

        Hapus
      9. Saya juga punya alasan bahwa CINTA SEJATI TUMBUH DARI 2 PASANG INDIVIDU YANG SALING MENCINTAI, DAN CINTA ITU AKAN MAKIN BESAR BILA CINTA ITU TUMBUH LEBIH2 AWAL (Seperti Onodera yang menyukai Raku sejak SMP), betul kan...???

        Hapus
      10. Sedangkan Chitoge memang menyukai Raku-sama, tetapi itupun baru terjadi sejak kelas 2 SMA. Itupun bisa kita lihat, Raku hampir setiap hari berantem sama Chitoge, bahkan sampai memukul Raku sampai ke awan. Dan rasa suka yang Chitoge berikan kepada raku-sama sampai saat ini belum juga dibalas oleh raku-sama sendiri.

        Hapus
      11. Dan apabila yang berjanji sama Raku-sama itu adalah Chitoge, cintanya tidak akan bisa berubah kepada Onodera. Bahkan raku-sama pun bersikeras untuk selalu memusatkan rasa sukanya hanya kepada Onodera semata. Sedangkan yang kita lihat, tentang keromantisan raku dan chitoge itu bukan lagi karena :
        -Raku-sama adalah orang yang setia kawan (seperti yang dijelaskan oleh Onodera),
        - Sebab hubungan palsu nya bersama chitoge,
        - Sebab karena sebuah kecelakaan kecil (misalnya kaki chitoge yang tersandung waktu di gudang)

        Hapus
    2. keren teorinya hahaha
      lanjutkan gans

      #teamChitoge

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terima kasih kalau anda suka dengan teori saya. Wah, jadi anda mendukung Chitoge ya? Selamat deh karena teori saya ternyata memenangkan Chitoge.

        Hapus
      2. klu gt biarkan saya menikah dgn kosakii *ngarep

        Hapus
    3. Nice Teori... All Hail Chitoge.
      Menurut agan siapa Fuu-chan?
      jujur saia curiga dia punya peranan penting selain mak comblangnya Haru karena dia satu-satunya wanita yang tidak pernah disebut marganya... saia ada 2 teori:
      1. Dia saudara/ adik dari Yui: Landasannya ada di chapter waktu Raku bertanya ma ayahnya, dan ayahnya Raku bilang kalau Yui tidak memiliki keluarga yang dipercaya makanya dia menganggap raku sebagai Adik. artinya dia punya keluarga tetapi dia tidak percaya kepada siapa pun di keluarga aslinya. Selain itu di chapter permainan Raja, Reaksi Yui saat Haru, dan Fuu-chan datang mencurigakan.
      2. Dia Adik dari Raku: Landasannya ada pada chapter kakeknya Ruri, Raku bilang kalo dia belum pernah mengalami ada anggota keluarganya yang sekarat. Terus kemana ibunya Raku??? Mungkinkah dia minggat saat Raku masih bayi, dan sedang mengandung Fuu-Chan karena jarak mereka hanya 1-2 tahun?

      BalasHapus
      Balasan
      1. wah wah... Teori anda sangat menarik, saya akan menyelidiki juga kasus tersebut kalau memang banyak yg penasaran. Saya akan coba mencari bukti yg kuat di manganya. Terima kasih spekulasinya

        Hapus
    4. Yang paling utama adalah komentarnya ShikiNanaya...

      itulah salah satu penyebab mengapa di jepang sendiri banyak penggemar Marika Tachibana...

      BalasHapus
    5. Saya setuju dgn teori anda.klu dikaji semmgnya bnyk yg bnr..mlht pada raku sendiri dia sgt berbeza bila berdepan dgn 2 gadis itu..sebagai contoh bila raku bersama onedera sememangnya raku menyukai saat bersamanya.berdebar2 tetapi raku kelihatan tidak sepenuh perasaan..malahan cintanya hambar kerana onedera bukan gadis yang hangat dan bisa mencairkn hati.bila bersama chitoge keadaan sentiasa ceria dan tegang.raku lebih ingin mengenali chitoge sedalamnya.malahan raku sebenarnya amat tertarik dengan kecantikkan chitoge.biarpun gadis itu kasar tetapi raku terus tenggelam bersama seribu rasa untuk chitoge contohnya raku tidak mahu chitoge putuskan hubungan cinta palsu mereka dan raku pernah berkata pada marika ketika marika menyuruh raku breakup dgn chitoge.raku berkata yg dia percayakan chitoge...

      BalasHapus
    6. nice min penjelasannya :3 , min ane kira ente bakal buat ada peperangan antara yakuza dengan behive :3 ?

      BalasHapus
    7. saya dukung raku jadi Harem king !!!

      :v :v piss juskid :)

      BalasHapus
    8. Ni para nisekoi-nista,komik nisekoi dah keluar di ranah indonesia blm sih...?
      Mau diterbitin sama elex media gak ya?
      Menurut ane lumayan klo diterbitin,cocok bgt buat para abg indonesia yg galau mania...Kehkehkehkeh....
      Klo dah terbit manga indonesianya tlng infonya ya gan.....Thx...

      BalasHapus
    9. Maaf mau tanya ni gan...
      Kan gadis 10 tahun lalu yang berjanji dengan raku itu kan matanya coklat atau hitam, sedangkan chitoge matanya biru, jadi gimana? Tolong jawab ya gan....
      Eh sebelumnya makasih ya.... :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kan di anime sudah ada penjelasannya kalau mata Chitoge warnanya berubah jadi biru karena bertambah umur

        Hapus
      2. penjelasan warna mata chitoge di eps berapa gan?
        ane penasaran

        Hapus
    10. kosaki di pojokin, naoshi komi aja belum lanjutin cerita , udah di duga duga -_-

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ini teori mas broo..
        Bukan cerita asli, tau teori ga?

        Hapus
    11. yay Raku ama Chitoge.. ehh min ada yang mau aq tanyain. kan ginni pas aq nyari pict nisekoi, ada pict raku sama chitoge yg kiss itu bner ada di manga atau buatan fans bukan sih?? galau nihhh nyari manga nya ga ketemu terus -,- Arigatou min

      BalasHapus
      Balasan
      1. uuhh ga di bales.. sabar :')

        Hapus
      2. Gaada di manga/anime.. kalo pas Chitoge gasengaja cium pinggang Raku baru ada :D
        *sorry bukan admin yg bales :D*

        Hapus
      3. adaa cari aja Nisekoi One Shot ._. bukan komi naosh sih

        Hapus
      4. itu One shot.a Nisekoi sebelum diserialisasiin di Jump bro. Itu buatan.a Naoshi Komi juga. Ya bisa dibilang one shot.a itu cerita awal.a nisekoi sebelum diterbitin seminggu sekali di jepang sana. (kalo mau tau lebih jauh tentang perkomikan / perserialisasian komik di jepang, bisa baca manga Bakuman)

        Hapus
    12. kayaknya sih onodera min..
      coba deh diperhatiin lagi tentang gambar anak perempuan diingatannya raku waktu 10th lalu, trus bandingin sama onodera waktu berperan jadi juliet (pakek rambut panjang palsu) kalau dipikir ada kesamaan :
      1. perhatiin poninya, kalau chitoge gak mungkin poninya jatuh kesebelah kanan (dilihat dr sisi pembaca/penonton anime) kalau di lihat lagi waktu chitoge kecil, poninya gak mirip sama anak perempuan yg wajahnya disamarin itu
      2. cuma onodera yang bagian kanan rambutnya jatuh kedepan (dilihat dari sisi pembaca/penonton anime), sisanya dibawa kebelakang. gak mungkin chitoge kayak gitu
      3. dimanga season 2, sehari sebelum chitoge ulang tahun yg ke 17th dan sewaktu raku amnesia, dia bilang anak perempuan yang berjanji sama dia warna matanya coklat. chitoge warnanya biru dan onodera coklat. (tapi dichapter itu sedikit buat tebakanku goyah sih, soalnya raku hampir bilang sesuatu yg menjurus kalau chitoge lah yg berjanji sama dia, cuma sayangnya gara-gara jam berdentang lbh dr jam 12 mlm, dia jd inget ulang tahunnya chitoge jd gak sempet dilanjutin, trus papanya chitoge bilang waktu kecil matanya chitoge warna coklat trus semakin beranjak dewasa matanya berubah biru ngikut papanya)
      4. kenapa rambut onodera setelah dewasa pendek? hem... ini baru tebakanku ya, mungkin waktu kecil rambut onodera panjang, terus setelah dewasa dipotong, trus yg disisain panjang cuma di bagian kanan (dilihat dr sisi pembaca/penonton anime) trus itu sebagai petunjuk buat kita. namanya juga nisekoi alias false love, mungkin naoshi komi pingin penonton berfikir kalau anak perempuan yg berjanji sama raku adalah chitoge, trus tiba-tiba endingnya onodera lah yang sebenernya berjanji.

      tapi, bisa jadi tebaanku yg diatas itu salah, soalnya dimanga season 2, nanti ada yui (temen raku juga yg jd bos mafia dr china) dia bilang chitoge waktu kecil suka sama raku, dan mamanya chitoge bilang kalau pita yg dia pakai itu adalah pita yg sama seperti anak perempuan yg ada dibuku bergambar chitoge waktu kecil, dia pingin mamanya beliin itu karena raku blg dia terlihat cocok dengan pita itu.
      mungkin aja chitoge yg bertepuk sebelah tangan waktu kecil, kan siapa sangka? hahaha. tapi aku berharap akhir dari anime ini memang false love, raku menyukai onodera tapi setelah 3th bersama chitoge dia mulai sadar, bahwa raku perlahan-lahan terbiasa dengan sifat dan bisa menyukai chitoge hihi #TEAM CHITOGE

      BalasHapus
      Balasan
      1. dikira bakal milih onodera yang jadi "the promised girl"nya raku, eh taunya.. haha.. tapi keren kok teorinya, walau saya dukung chitoge #teamchitoge

        Hapus
      2. Maaf bukannya rambut kosaki dari kecil pendek ya, ada lho gambarnya saat ayah chitoge ceritain flasback 10 tahun lalu CMIW :D

        Hapus
      3. Masalah mata Chitoge yg warna biru, itukan udah dijelaskan sama ayahnya Chitoge kalau matanya Chitoge berubah dari warna coklat menjadi biru dikarenakan umur.

        Hapus

      4. 3. Baca Manga Chapter 91 , di situ ayahnya Chitoge menjelaskan , dulu Chitoge punya mata warna coklat , tpi karena umur , Mata Chitoge warna Biru ...

        Hapus
      5. tetap team kosaki! *kosakiiii chaan~

        Hapus
      6. Inget kagak Raku kehilangan liontinnya, dan ketika Raku menjelaskn bentuk liontinnya seperti apa, onodera pun kaget?

        Hapus
    13. HATERS GONNA HATE #TEAMCHITOGE
      MASUK AKAL RATARATA TEORINYA

      BalasHapus
    14. :'v azzz padahal Saya pilih kosaki yahh mau gimana lagi :'v
      saya dukung team chitoge :'v aja deh

      BalasHapus
    15. Gw suka teori lo min,
      Hampir semua masuk akal. :v (y)
      #Team_Chitoge

      BalasHapus
    16. masing2 cewe itu kan punya kunci. lalu, apa ada 3 cowo lain yg punya liontin jg? :v

      BalasHapus
    17. entah kenapa saya punya prasangka kalo sebenarnya semua gadis itu diberikan kunci oleh raku. karena ketika kecil raku itu playboy :v

      BalasHapus
    18. sip teorinya mantep apalagi yang pesawat kertas di opening itu :v #TeamChitoge

      BalasHapus
    19. biasanya emang tokoh utama cowo akhirnya jadian sama cewe yg pertama kali ketemu (ini ud kebiasaan anime / manga jepang) jadi mungkin emang chitoge yg jadi pasangan raku

      BalasHapus
      Balasan
      1. Gk juga mas, kya di anime hoshizora e kakaru hashi, cwe yg prtama kali dia suka ditinggalkan, dia memilih yang selalu bersama dia

        Hapus
    20. Saya suka teorinya!! apalagi yang pesawat kertas itu....
      tapi, apa hanya saya yang disini sempat mikir isi liontin itu adalah halaman terakhir buku "Zawse In Love" yang telah diubah sama raku?
      tapi bisa juga salah sih,
      tapi saya setuju sama teori ini!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya setuju, mungkin karena itu juga halaman terakhir dari buku yang di pegang onodera hilang atau gak ada.

        Hapus
      2. Saya setuju, mungkin karena itu juga halaman terakhir dari buku yang di pegang onodera hilang atau gak ada.

        Hapus
      3. Saya setuju, mungkin karena itu juga halaman terakhir dari buku yang di pegang onodera hilang atau gak ada.

        Hapus
    21. Tadi kan bicara soal pertemuan pertama onodera dengan raku
      mungkinb bisa saja ibu onodera mengajak kosaki untuk mengantar manisan, kan si kosaki pemalu jadi dia sembunyi dari keramaian terus raku liat dan mengajaknya bermain *pernyataan saya*

      BalasHapus
    22. kira-kira ini manga atau anime kelarnya kapan ya.. udah 3 tahunan loh nampaknya

      BalasHapus
    23. coba sinetron di indonesia ceritannya berkualitas kaya gini....pasti nggk bakal gw lewatin tayangannya....nggk kaya yg ada sekarang bassiiii...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hmmmmm
        Klo ceritanya di indonesia bakal jadi jelek (-_-,,) kata" nya jadi alay + lebay

        Hapus
    24. Niceeee,,,,,,, (y)
      yaaaa spoiler hasil analisis, bagus juga... //daripada penasaran//
      emang keliatan banget kalau Raku bakalan jadi sama Chitoge...
      (walau berharap sih jadinya sama Kosaki T^T) hahaha...

      Yaaa,, berjuanglah chitoge... \\\ >.< ///
      dan semoga Naoshi Komi ngebuat jodoh yang oke buat kosaki eh///?? hahaha...

      kita liat aja kelanjutannya bagaimana :D

      BalasHapus
    25. Setuju (y)
      Apalagi karena ane nonton nih anime karena cerita ini kayaknya agak mirip dengan oreimo :V #walaupun_kenyataannya_berbeda
      karena sudah jelas sama-sama heroin berambut pirang XD karena kuning itu istimewa :V
      dan sudah jelas heroin itu selalu ditakdirkan bersama tokoh utama (/^.^)/

      BalasHapus
    26. Kenapa yui diam saat melihat kosaki di kelas? Dan kalian ingin tau siapa gadis yg berjanji dengan raku ichijou? apa-apaan dengan jawaban yg kau buat itu, Bodoh! Jangan terburu dengan membuat teori dengan asumsimu sendiri. Dan gunakanlah kata-kata yg lebih baik, jangan gunakan kata-kata yg memaksa untuk orang-orang yg pro dengan pendapatmu menyetujui teorimu dan orang-orang yg kontra dengan pendapatmu menjadi marah. Sepertinya kau bukan penulis blog yg baik. Sebaiknya kita tunggu chapter-chapter mendatang tentang apa yg akan terjadi. Begini Naoshi Komi layaknya pembuat manga dari jepang lainnya, dia sedang mengiring opini para pembaca dan mengiring emosi pembaca untuk membuat asumsinya sendiri. Tapi tidak kah kalian sadar dengan petunjuk yg dia tinggalkan? baik pada manga maupun animenya?? (Tentu saja aku tidak akan memberitau kalian, silahkan temukan sendiri). "Nisekoi" ini sepertinya berisi kisah cinta yg ada dalam "Naruto" (penuh tebak-tebakan walau sebenarnya isinya lebih ke action ninja, dan baru diketahui di chapter 700 atau terakhir terakhir saat tutup buku) yg digabungkan dengan benda penuh misteri seperti harta karun one piece dalam "one piece" (benar-benar harta karun yg masih misterius walau sudah tembus sampai chapter 770 lebih dan dikemukakan adanya beberapa karakter yg sudah pernah melihatnya) dan tentunya dalam versi "Nisekoi" itu sendiri. Jadi bersabarlah kawan, jangan terpancing dengan asumsi orang lain kemudian kalian terpancing untuk membuat teori dan menuliskanya. Aku tidak ingin kalian kecewa seperti para pengemar "Naru-Saku" dalam fansbase "Naruto". *sudah sekian saja masukan saya*

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kata-Kata Lebih Baik ?
        Lu Sendiri Kritik Blog Orang Dengan kasar :v ..

        Nisha Lupita Putri Redjo ?
        Wanita Atau Pria tuh ?
        atau mungkin Hode :v ?
        Wanita kok Ngomong kasar :v ..

        Hapus
      2. Maaf... Kalau anda ingin mengkritik orang Saya rasa anda harus memperbaiki dulu tata bicara anda Nisha Lupita Putri Redjo. Saya rasa tadi sudah dikatakan kalau ini hanya pendapat.

        Hapus
      3. Astagfirullah....... Yang sabar....

        Hapus
    27. mimin teorinya keren bangett!!!
      semoga bener deh endingnya raku sama chittoge

      BalasHapus
    28. teorinya cadas min, jadi gak sabar nunggunya,

      tapi sebenarnya ane malah berharap kosaki yang menjadi pasangan raku,
      (Trus chitoge buat gw).

      imo_SuperNgawur

      #TeamChitoge

      BalasHapus
    29. haha.. jadi, ini cuma berdasarkan "zawse in love" ?? . ayolah kawan, kan sudah dibilang bahwa 4 orang cewek ini pernah bermain bersama dan bertemu kan? siapa tau si chitoge malah menguping tentang zawse in love. lagian buku tentang zawse itu di pegang kosaki.. kenapa ga di bawa aja oleh chitoge kayak buku diarinya yg dia bawa dan kenapa harus dititipkan ?. kl gw yg buat kesimpulan bahwa mungkin semua cewek (yui, marika, kosaki, chitoge) semuanya membuat janji sama raku pada waktu 11 tahun yg lalu. yang jadi masalahnya isi dari janji itu apa? nah, yang jelas disini cuma janji marika, yaitu janji untuk menikah dg raku (chapter 36 page 13). dan juga marika bilang "semua yang aku ketahui tentang janjiku, di luar itu aku tidak memiliki petunjuk" (chapter 36 page 16). artinya emang benar janji itu marika yang buat. dan pada chapter 121 awal, yui bilang "setelah kau mengetahui siapa yang membuat janji denganmu,apakah kau benar2 jatuh cinta padanya? ". dan raku menjawab "aku hanya penasaran saja". itu artinya yang membuat janji dengan raku itu emang yang bukan raku sukai benar2 saat ini.. untuk gambaran cewek itu kl dilihat emang tidak ad yang mirip dengan keempat cewek itu.. penampakan cewek yg di ingatan raku itu cuma gambaran aja. artinya tidak harus cewek itu rambut panjang (karena belum ada bukti). yang jelas2 ada bukti ini adalah bahwa matanya berwarna coklat. kita lihat chitoge. pada umur 5 tahun warna matanya sudah biru (lupa di chapter apa tapi ada waktu chitoge narik tangan tsugumi yg masih umur 5 tahun, warna matanya sudah warna biru dan sudah pakai pita) kemungkinan emang kata bapak chitoge ini warna mata chitoge emang warna coklat waktu lahir dan berubah ketika umurnya terus bertambah. kemungkinan ini emang sad ending yg mainstream. ada kemungkinan kl Raku akhirnya menyadari cinta sejati dari Marika dan menyatakan cinta kepada marika karena memang yg membuat janji itu Marika. sesaat sebelum marika menikah dg raku penyakitnya kambuh dan akhirnya meninggal sama seperti buku cerita yang sad ending itu. akhirnya mungkin dia akan memilih diantara ketiga cewek yg tersisa.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apa yg ga spesifik ? coba ente tonton anime nisekoi episode 7. liat tu mata chitoge pas masih kecil warna coklat ga?

        Hapus
      2. kan marika cuma ngarang2 kalo itu janji menikah

        Hapus
      3. nonton animenya kadang suka beda sama manganya bro .. mungkin pas di anime belum dijelasin dengan jalan ceritanya pas di manga

        Hapus
      4. Kayaknya ni org gk terima BANGET sma teorinya admin :v ini kan cma teori, blm tentu bnar. Memang bnar, di manga bnyk flag utk chitoge. Tpi blm tentu chitoge yg bakal menang. Bsa sja naoshi komi bakal bikin plot twist.

        Bnyk org yg blg klo team marika itu team perdamaian. Ak jga setuju dgn it. Tpi yg ini kok malah gk trima? :v ini aja bru teori. Klo endingnya bnar" bakal jdi kayak teori disini, lu mw ap? mw demo sma naoshi? :v belajarlah utk menerima kekalahan :3 /

        Hapus
      5. Dan gw setuju sma yusmar maruli. Teori lu gk spesifik. Terkesan dipaksain :3 :v

        Hapus
      6. Kan udah pernah diceritain kalo mata chitoge itu berubah dari coklat ke biru.
        BTW teorinya lumanyan , tp terlalu jauh mengambil kesimpulan.

        Hapus
      7. Baca dulu manga nya tong nanti dijelasin soal mata jangan cocok logic.

        Hapus
      8. sok tau bku zaswe in love milik kosaki..dah jelas itu buku milik chitoge..ibunya kosaki kan pernah bilang kalau itu bukan buku kosaki..itu milik temannya 10 tahun yang lalu...nah dan itu adalah bukunya chitoge...dan cuma chitoge yang ingat zaswe in love

        Hapus
      9. wakakaka, nggak usah segitunya bro.. ini cuma teori, lagian teori ente nggak logic karena di INFO MAL main character cuma 3, raku, chitoge, onodera. Marika tsugumi dll cuma supporting. bhaaay!

        Hapus
    30. kalo teori yg lain cukup sependapat tapi kalo ending enggak , lebih baik endingnya poligami wkwkk biar gak da yg tersakiti :'v

      BalasHapus
    31. Gila Teorinya sungguh membuat hati senang :v
      #TeamChitoge :v

      BalasHapus
    32. Semoga jd sama Chitoge + teorinya keren bgt min :D
      #TeamChitoge

      BalasHapus
    33. Keren teorinya min tapi kayaknya di bagian marika kurang min menurut ane itu yang di bahas honda tentang hal itu emang penyakitnya marika yang udah mulai kronis yang ntar endnya marika bakal nyatain cinta lagi ke raku pas dia kritis (sebelom mati) ini bakal jadi bagian paling sedih.

      And buat end nya sama chitoge ini paling bener soalnya nisekoi emang nyeritain 2 orang ini buat bikin alur ceritannya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalo soal Marika, memang dia sedang ada penyakit. Tapi yang dibicarakan dengan Mikage, pendapat saya ya teori diatas.

        Hapus
    34. Keren bener teorinya min :D , btw min ijin repost :3
      #TeamChitoge

      BalasHapus
    35. Bagian yang saya gak setuju dari teori anda adalah saat chitoe & raku jadian, kemudian claude ( atau siapalah itu ) jadi percaya sama raku.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Memang benar gan. Ada kemungkinan Claude ngajak perang dulu buat pembuktian. Kalo ada waktu saya akan buat teori keduanya.

        Hapus
    36. min ada 1 petunjuk lagi min. di ending 1 pas akhir''an ada chitoge pas masih kecil yang lagi baca buku di atas batu atau apalah itu.. kan pas raku pertama ketemu ama gadis yang berjanji 11 tahun lalu pas si gadis baca buku.. ya cuma mengamati aja sih..

      BalasHapus
    37. Paling seru emang baca ginian nih XD #TeamChitoge

      BalasHapus
    38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    39. kok gua ngakak pass denger CLaude :v :v


      #TeamClaude :v

      BalasHapus
    40. Njirr jauh amat pemikirannya :v Keren keren :v /
      dan Happy Ending dengan Chitoge :v / yey :v

      #TeamChitoge

      BalasHapus
    41. Y mau di gimna kan lagi
      Padahal ane TeamKosaki
      Ingat warna kunci mereka masing2 ?
      Emas
      Perak
      perunggu
      kalo yg Terakhir gw gak tau :v
      Mungkin kalian udah terbanyang
      kalo emas itu pas yg Juara 1
      Padahal ane TeamKosaki :'v

      end Harem aj dah biar gak ad yg tersakiti

      BalasHapus
    42. oooh ya min anda lupa pas chitoge merapikan kamarnya bersama tsugumi dai kan menemukan bindernya tuh yang isinya dia pernah berbuat janji dengan seseorang dan dulu kan mata chitoge coklat kuras chitoge sih

      BalasHapus
    43. nice teori min

      menurut saya ending nya emang sama chitoge dari judul nisekoi yg berarti cinta palsu malah menju kealur cerita raku sama chitoge yang diawali dengan cinta ppalsu yang akhirnya menjadi kenyataan

      BalasHapus
    44. Bisa di perluas lagi ga soal teori tentang kenapa Yui terdiam saat meliat Kosaki pertama kali....
      itu hal yang masi membuat saya penasaran banget ampe saat ini

      BalasHapus
    45. wih mntap gan
      gw sebar ke lain ya gan :D

      BalasHapus
    46. Thanks gan w dah gak penasaran lagi

      BalasHapus
    47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    48. Thanks gan w dah gak penasaran lagi

      BalasHapus
    49. Thanks gan w dah gak penasaran lagi

      BalasHapus
    50. menurut saya, lebih bagus chitoge sama raku. karena dalam keseluruhan ceritanya lebih mengarah raku sama chitoge.... saya kuraang suka kalau nantinya raku sama kosaki karena alasan yang susah untuk di ungkapkan. mungkin karena sya kurang suka liat kosaki saat per1 x lat nisekoi :v

      BalasHapus
      Balasan
      1. Pemikiran anda sama dengan saya :v
        Entah mengapa, saya gak suka sama kosaki :v

        #TeamChitoge

        Hapus
      2. Saya malah kurang suka liat chitoge.. hehe..

        #TeamKosaki

        Hapus
    51. Menurut saya mungkin sih raku bakal sama chitoge ,, emang sih uda jls onodera sama raku saling suka dan kenal lama tp ada aja kejadian yg bikin mereka gak jadi ngungkapin prasaan masing2 ..Di awal2 kan raku jg bilang kalo takdirnya berubah saat pertama ketemu chitoge (petunjuk) , iya sih persepsi ke arah chitoge sama onodera sama2 kuat, mungkin kenyataan onodera dan raku saling suka bakalan ketahuan semua org dan mengetahui itu chitoge bakal ngalah ( biasanya sih karakter tsundere bakal ngalah ) karna tau sendiri dia jarang punya teman dan onodera uda dianggap temen berharganya jd gak berani dia nyakiti temennya dan bakal membuat raku & onodera bersatu.. yah meski sakit hati dan dia bakal meredam kemarahan cloude saat tau kenytaan itu bahwa pacaran mereka palsu karna pasti beehive sama yakuza bakal brantem .. makanya dia balik ke amerika buat nglupain raku, tp kalo gt aja sih gak seru..mungkin saat smua terungkap dan chitoge pergi ,,raku bakal sadar selama ini chitoge lah yg membuat dia bahagia dan kehidupannya berwarna dan akhirnya sadar kalau cinta sejatinya adl chitoge karna biasanya saat seseorang kehilangan pasti dia baru sadar akan prasaan nya yg sebenarnya .. raku mungkin bakal minta maaf ke onodera karna dia sekarang sukanya ke chitoge meski awalnya dia suka onodera ... Raku bakal nyari chitoge dan berhadapan lg sama claude disini pasti ada adegan pertempuran buat ketemu chitoge lg, sama kayak buku bergambar itu kan diceritain kedua keluarga pangeran dan putri bermusuhan .. dan saat raku mengejar chitoge bakal dibantu marika , yui sama onodera untuk membuka gerbang raku ketemu chitoge, cinta sejatnya
      *Pokoknya berharap Happy Ending sih *

      BalasHapus
      Balasan
      1. Endingnya classic bgt tp gw suka ma ending kayak gitu :D lebih kena ke hati :v

        Hapus
      2. kalau ending nya kaya gini gw setuju soalnya masuk akal banget,walaupun clasik.dan biasanya endding kaya gini adalah happy endding dan semua cweknya ga ada yg tersakiti...

        Hapus
      3. Keren...
        Keren.. teorinya

        Hapus
      4. Sama gan pemikiran anda dengan saya,,,,,

        Hapus
    52. iya setuju sama teori admin dan yg komen diatas ini, ..
      Jelas bgt ceritanya awal digambarin kalo hidup raku berubah sejak ketemu chitoge , di ending pertama animenya jg digambarin kunci chitoge yg mau dimasukin dan raku gandengan sama chitoge di dalam gemboknya trus chitoge baca buku diatas batu...ini kayak cerita romeo and juliet sih menurutku walau ada tmbahan cinta lain kayak yui, marika dan onodera yg membuat pembaca berasumsi dan sama kayak buku cerita bergambar itu nyritain keluarga bermusuhan dan sad ending yg dimaksud mungkin dua2 nya mati kyk romeo & juliet makanya endingnya diubah raku dan endingnya manga ini smua kputusan ditangan raku dan ini cerita cintanya raku bukan romeo and juliet jd raku g bakal biarin jadi sad ending ...dan pasti raku bakal ngejar cinta sejatinya kemanapun dan membuat kenyataan happy ending sama kayak yg dia buat di buku cerita itu... bakalan seru kalo beneran sama Chitoge soalnya pasti bakal ngadepin claude dan mafia lain buat mbuktiin cintanya .. kalo sama onodera monoton dan gak seru soalnya tokoh utama (raku) kayak g berjuang sih , dia cuma g bisa lawan gugupnya doang.. dan gua g stuju ada yg nyamain sama naruto .. naruto awalnya kan suka sakura dan sakura jls suka sasuke sampe akhir makanya die sadar dan cintanya ke hinata yg jls suka dan pernah bilang suka pula sama naruto wktu lawan pain... hlah di cerita ini smua cewek suka sama raku kok, dan kalau naruto diposisi raku bakal milih sakura dianya .. jgn nyamain karakter yg beda cerita dong ya pliss deh -______-

      BalasHapus
    53. endingnya ya tergantung pengarang lah ya, tp emang bikin penasaran banget,, menurut gue emang gadis janji tu chitoge sedang saat ini yg dicintai raku onodera tp ntar gue yakin kalo raku sadar kalo dia jg cinta chitoge , nah bingung tuh milih .. raku pengen & cintanya ama onodera tp yg dia butuhin dan bikin seneng ya chitoge , nah raku blm sadar aje tuh..
      banyak sih fanfic ngatain ntar chitoge bakal ngalah dan bilang kalo janji masa kecil mereka hanya masalalu dan nyuruh raku jadian sama onodera yg dia cintai skrng stlh tau raku suka onodera trus balik tuh ke amrik tp trus raku sadar , dan ngejar si chitoge .. iyasih apalagi ibunya chitoge uda pernah bilang ke raku apa bener kalo die sama anaknya cuma pura2 pdhl keliatan bener raku care bgt sama anaknya ... dan gue dukung chitoge soalnya kalo jd sama onodera ya smuanya bubrah ,, g seru .. pokoknya gue suka kalo kayak one shotnya nisekoi kalo ntar jadinya sama chitoge , namanya aje nisekoi.. dan onodera adl pesaing dan rintangan terakhir dan terberat buat ngalangin cinta toge ama raku ..mereka tuh kayak ranma ama akane , akrab dan cintanya nambah karna sering berantem .. kalo ama dera , raku cuma malu g nunjukin amarah dan sifat aslinya .. aah pliss lah sama toge aja , jgn bikin kecewa dong dg ending sama dera.. cepett deh bikin ceritanya klimaks dan gak filler mulu T_T

      BalasHapus
    54. yah kayaknya emang si chitoge soalnya raku pas ilang ingatan jg mau bilang chitoge adl gadis masalalunya tp kepotong.... 3 yg lainnya menurut gue dulu dikasi kunci soalnya biar bantuin raku nginget siapa gadis itu dan bantuin dia nginget itu .. tp malah smua jatuh cinta -__- lama2 gue nduga endingnya dibikin nggantung soalnya mreka masih SMA dan kasian yg lain sakit hati smua kalo dipilih satu apalagi si marika yg demen bgt ama raku .. tetep chitoge menurut gue yg pantes buat raku soalnya cuma toge yg bisa bikin raku g lari dr takdirnya kturunan yakuza dan bisa lebih laki.. kalo sma dera ya paling gitu2 aja , dih sifatnya sama2 lembek kayaknya malesin bgt gitu liatnya....smoga ending nya rada nyrempet sama one shot nya intinya ya kepilih si toge :p #teamtoge

      BalasHapus
    55. ada satu yang buat saya penasaran min.
      di manga pas raku amnesia, emang sih dia ada sesuatu yang pengen diungkapin ke chitoge. tapi kenapa yang raku inget pas liat chitoge itu malah kuncinya onodera? menurutku ada teori lagi soal "kunci chitoge dan onodera itu ketuker" atau malah dari awalnya "salah ngasihin kunci" gitu. bahkan lebih jahat lagi semacam "ada pihak yang nukerin kunci itu, entah dari pihak onodera nya sendiri atau siapa" tapi just teori min:3

      BalasHapus
      Balasan
      1. sama bro saya juga, ada satu lagi keanehan nya, karna raku bilang "kau adalah gadis yang....." kalau dilanjutin "berjanji dengan ku" < nah ini lebih cocok dibandingin sama > "kau adalah gadis yang...." "tidak berjanji denganku". kecuali kalau raku bilang "kau bukanlah gadis yang...." *kira-kira seperti itulah pendapat saya bro :v*

        Hapus
    56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    57. Nice, teorinya hebad banged ((y)ˆ⌣')(y)
      Saya suka teori liontinnya yg punya kunci berlapis dkk. (y)

      Endingnya si kecambah mau sama siapa sih ga masalah, asal bukan ending harem yg ujung"nya cuma temenan semua. Raku harus milih satu! ( ̄^ ̄)
      Untuk alur ending, mari percayakan saja pada mas komi.

      Kembangkan terus teorimu, Komi KaWe Σ(゚∀´(┗┐ヽ(・∀・ )ノ

      BalasHapus
    58. Nice teori agan Komi KW, saya setuju kok dan masuk akal, hanya saja dari teori yang agan jelaskan diatas, ada keganjilan (atau mungkin saya yang kurang paham penjelasannya) keganjilannya yaitu tentang misteri 3 dan misteri 11 tentang yui, di misteri 3 kan di jelaskan “Dulu, Yui pernah mencoba membuka liontin milik Raku dengan kuncinya yang berlambang bintang. Karena tidak berada urutan yang benar, alhasil kunci itu patah. Makanya, Yui pernah mengatakan ke Raku bahwa liontin itu tidak akan terbuka, untuk saat ini. Tapi kapan Yui mencoba membukanya? Tentu saja dengan menyelinap ke kamar Raku. Itulah kenapa sejak kecil ,Yui selalu menyelinap ke kamar Raku. Karena Yui selalu penasaran dengan isi liontin itu, Yui berusaha membukanya diam-diam. Karena kuncinya tidak pada urutan yang benar, ujung kunci itu patah dan tertinggal di dalam” nah tapi di misteri 11 di jelaskan, “
      Setelah lama Yui tinggal bersama Raku, tiba waktunya keluarganya dari Cina menjemput dia. Tapi sebelum pergi, Raku memberinya 1 kunci untuk membuka liontin pemberian Chitoge” secara selintas saya mungkin berfikir seperti ini, “jika yui diberikan kunci pada saat ia akan pergi, lalu kapan ia menyelinap ke kamar raku untuk mencoba membuka liontin itu” nah dari sini, saya bisa memberikan beberapa kemungkinan:
      1. Raku memang memberikan kuncinya kepada yui ketika yui sudah di jemput, mungkin sehari sebelumnya dan malamnya yui menyelinap ke kamar raku dan mencoba untuk membuka liontin tersebut dengan kunci yang dia terima dari raku.
      2. Ada kemungkinan juga kalau setelah raku menerima liontin dan ketiga kunci lainnya dari gadis yang membuat janji dengannya (dalam kasus ini kita asumsikan chitoge) raku lalu memberikan salah satunya kepada yui, jadi sebelum raku memberikan kunci kepada marika dan kosaki, raku memberikan kunci tersebut terlebih dahulu kepada yui (yang itu berarti apa yang kosaki ingat di masalalunya memang raku memberikan kunci terakhir kepada kosaki , dan kosaki mengira hanya itu satu satunya kunci yang bisa membuka liontin itu)
      Untuk ujung kunci yang tertinggal memang masuk akal, karena di manga chapter 51 page 15, tukang kunci itu menjelaskan kalau ada sesuatu yang mengganjal ( yang kemungkinan memang potongan kunci yui). Sekian aja gan Just My Opinion, overall saya setuju dengan teori anda. #TeamHaru xP

      BalasHapus
    59. kalo menurut ane sih pake teori matematika agar semuanya menjadi bahagia.
      raku+onodera =nafsu cinta.
      raku+marika =kesedihan,
      raku+tsugumi=penghianatan
      raku+yui=paksaan.
      raku+chitoge=cinta murni.

      tapi yang ane bikin penasaran adalah cerita shuu maiko dengan cintanya,apakah perasaan cinta kepada kyoko sensei bisa tergantikan atau tidak?
      kalo bisa,kandidat yang signifikan adalah ruri miyamoto dan seishirou tsugumi.arigato

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yak...
        Saya setuju
        Raku-Onodera = Nafsu
        Raku Chitoge = Murni

        Hapus
    60. keren sih teorinya, tapi masih ada yang ganjel nih kok kayanya dari bentuknya liontinnya itu cocoknya ama kuncinya marika ya?

      BalasHapus
    61. yah.... walaupun gitu saya tetep dukung chitoge sih :)

      #teamchitoge

      BalasHapus
    62. Klo chitoge sih 80% memang gadis 10 yg lalu
      Coba lihat episode 6 di 21:00

      BalasHapus
    63. teori besarnya, sebenernya yg berjanji dgn raku adalah onodera, tp seiring berjalan waktu raku merasa cintanya hanya buat chitoge, dan raku memilih chitoge. janji masa lalu hanyalah janji, hati dan cinta tdk bs dipaksakan

      BalasHapus
    64. emang sih lebih mengarah ke chitoge, bukan onodera karena yang onodera ingat anak yg bikin janji sama dia memakai liontin, (secara logika, berarti bukan dia yang ngasih liontin) tapi masih ada yg ngeganjel..
      1. kan raku buat janji sama onodera, marika,chitoge, yui.. tapi asumsi sementara chitoge kemungkinan gadis 10 thn lalu yang buat janji akan nikah kalo udah reuni..
      nah kalau janji sama chitoge tentang mereka akan nikah kalo udah reuni, lalu apa dong janji raku sama onodera, marika, atau yui? janji akan reuni doang?
      2. trus di sesion 1 ep 15, kan cuma marika yang inget janji nikah itu.. artinya dlu kecil raku pernah jnj jg dong sama marika kalau sudah reuni akan menikah?
      apa tidak aneh kalau chitoge gadis yang jnj sama raku akn nikah tapi raku juga buat janji akan nikah sama marika jg? lalu apa dong jnj sama onodera

      *menurut pemikiran saya sih, maaf kalo salah

      BalasHapus
    65. ane sih baru nonton anime nya ampe episode 20 doang...tp ane jd pendukung ONODERA .. kalo tanya alasan nya knp ..

      ya kalo di pikir2 sih lebih cocok aja.. lagian dari episode 1 sampe 20 di animenya chitoge mulai punya rasa cinta tumbuh (setelah 10 thn lhoo) sama raku di episode 15 kalo gk salah, sedangkan onodera udah nyimpen perasaan sukanya dari mulai smp/ masih kecilnya sampe sekarang,, kayaknya di animenya gk pernah nunjukin perasaan onodera yg tersakiti (secara spesifik ) meskipun melihat raku di deketin oleh cewek2 lain. lagian kasian onoderakan ane gk tega ngeliat ending nya raku ama chitoge,,, masak onodera harus ngalah terus ?? secara di animenya yg ane liat ampe episode 20 onodera selalu ngalah terus ama chitoge dan selalu mikirin perasaan nya chitoge kalo lagi berantem ama riku...
      ane rela dah ceritanya flat yg penting onodera bahagia huahahahaha

      #onoderateam

      BalasHapus
      Balasan
      1. sorry gan bukan saya mau nentang teori anda tapi kalo emng onodera suka ke raku dari smp, berarti mereka udah saling kenal kan? dan itu berarti mereka berteman. terus klo janji yg mereka buat terjadi saat umur 5 tahun, kemungkinan saat itu sudah sd (karna udah pada bisa baca juga) sd ke smp kan ga jauh jauh amat.. lalu kenapa onodera bisa lupa sama janji nya..? lgi pula onodera kan ga pindah kemana-mana? dan gak mungkin kan kloo mereka melupakan sesuatu yg penting? seperti janji?
        #chitogeteam

        Hapus
    66. hohoho..... klo menurut ane sih mending si raku itu berjanji sama si chitoge....
      BY: MAIKO SHUU

      #hohoho, #kirisakiteam

      BalasHapus
    67. kagak usah bingung Visca Kirisaki

      # Kirisaki team

      BalasHapus
    68. Min... Lo-gue-banget.
      AHELAH ARIGATOU MIn!

      BalasHapus
    69. min, sebenernya aku pengen banget itu ulasanmu bener-bener terjadi #teamChitoge.
      tapi..... gaktau ya ini Clue bener atau enggak.
      di LOGO tulisan NISEKOI ada gambar "GEMBOK" untuk tulisan O nya, udah pasti itu gemboknya Raku. dan ada gambar "KUNCI" untuk tukisan I nya. NAH GAMBAR KUNCI ITU TUH KUNCINYA ONODERA. apa ini clue dari awal pasangannya raku itu Onodera -,- tapi gak relaaaaaaaa....

      BalasHapus
      Balasan
      1. katanya sih itu dari FansArt , coba nnton animenya , Logo "Nisekoi" nya gk ada Liontin dan Kunci ,..

        Hapus
      2. Hadeh. . . Trnyata msih ad aja ya yg ngira klo LOGO wiki nisekoi adl LOGO official nisekoi -.- logo yg ad liontin raku + kunci kosaki cma dipakai di wiki-nya aja dan itu cuma buatan fans. Logo officialnya pke huruf katakana :3

        Hapus
    70. menurut ane, gak ada satupun dari 4 cewek yg punya kunci yang benar2 berjanji sama raku 10 tahun lalu.
      kenapa ? karena gak ada satupun dari 4 cewek itu yang ingat membuat janji menikah dengan raku 10 tahun yg lalu. menurut ane gadis kecil yg berjanji menikah dengan raku 10 thn yg lalu itu tidak benar2 ada.
      pada akhirnya para gadis pemilik kunci tidak ada yang akan canon dengan raku,
      mungkin raku sama haru bakal jadi ending yg menarik mengingat mereka yang melihat kembang api ikatan di festival yang konon membuat orang yg melihatnya selalu terikat dan kejadian ini tanpa gangguan siapapun, hanya mereka berdua. mengingat lagi ritual cinta lainnya sejauh ini selalu gagal bagi raku dan para gadis.

      BalasHapus
    71. NICE Om (y),tapi sedikit koreksi aja tentang Fakta Gadis 10 tahun yang lalu yang berjanji dengan raku nomor 2 kalau sebenarnya raku tidak pernah mengatakan sama sekali tentang gadis yang berjanji nya 10 tahun yang lalu itu berambut panjang.dan
      kenapa pas di scene pertama nya ada gadis kecil yang ngasih liontin dan dia berambut panjang?
      Itu karena cuma di mimpi nya raku doang raku gak pernah tau gadis yang berjanji dulu itu berambut panjang (kecuali matanya jelas udah pernah disebutin pas lagi amnesia bahwa itu coklat)
      Dan ini terlebih pada teori ini lebih pantes disebut tebakan soalnya banyak tebakan di misterinya dan endingnya nya pun juga tebakan (sering main VN ya?) tapi nice lah
      Bukan berarti gak mungkin ini dijadikan untuk mengetahui gadis 10 tahun yang lalu, karena setiap tebakan itu pasti ada yang bener ada pun juga yang salah tapi salut lah pokoknya cuma saya aja yang gak suka tebakan :v
      Lanjutkan lah, kalau bisa buat selanjutnya yang sudah terbukti tapi samar" gitu :v

      BalasHapus
    72. Gue sih mikirnya sama onodera ya, padahal gue lebih suka sama chitoge sih. Kalo gak salah, di manga nya lupa chapter berapa (pokoknya puluhan diatas chapter 50) ada gambar kuncinya (gaktau itu diedit apa engga), bentuknya itu hati, sedangkan kunci yang berbentuk hati itu punya Onodera. Dan kalau dipikir - pikir, cerita tentang Raku sama Onodera sendiri gak kalah seru sama cerita Raku - Chitoge. Disini malah gue baca manganya, adanya perasaan Raku sama Onodera yang makin gede.Perasaan Chitoge juga makin nambah sih, tapi untuk Raku ke Chitoge, kayaknya gaada yang lebih selain ngagumin kecantikannya Chitoge. Gue malah makin pesimis dan mikir kalo Chitoge - Raku itu cuma buat mempermanis hubungan Onodera-Raku dan memperklimaks perasaan Onodera yang mendem. Dan gue bayangin, seandainya juga misalkan liontin itu punya Chitoge, belum tentu Raku bakal sama Chitoge. Bisa jadi, Chitoge ngerelain hasil dari liontin itu. Demi alesan apapun juga, Raku dari awal emang cuma suka sama Onodera.
      Disini gue juga sedih sih kalo jadi Chitoge. Disisi Marika, dia curhat ke temennya, Mikage. Perasaan Tsugumi juga diketahui Paula dan Paula niat bantuin. Perasaan Onodera? dibantu sama Ruri + Haru walau haru juga suka (diapun didukung sama Fuu-Chan). Sedangkan Chitoge? Cuma dia sendiri yang tau tentang perasaannya T-T huhuw. Tapi abaikan yang barusan. wkwkwk

      BalasHapus
    73. mantap banget teorinya min
      #teamchitoge

      BalasHapus
    74. uaaaa.. min saya setuju bgt sama apa yg mimin bilang.. tapi pas saya baca hasil analisa org lain kok.. bertolak belakang banget sih?? dan hasil analisa itu blang klo marika lah yg berjanji dengan raku..makinn galau ajaaa nehhhhh :'( :'( lebih jelas nya disini mi http://spoiler-di.blogspot.com/2015/02/misteri-dibalik-manga-nisekoi.html

      padahal aq udah optimis bakal chitogee :'( :'( #chitogeteam

      BalasHapus
    75. btw ada yg tau arti "zawse in love" ga?

      BalasHapus
    76. oh ya,ane pernah denger katanya cewe2 di nisekoi siapa aja bisa jd cwe yg ada di masa kecilnya raku,jadi bisa siapapun yg punya kunci

      BalasHapus
    77. Bagus banget ini Semuaa bisa di terimaaa!!

      BalasHapus
    78. mw tanya ad lagu theme pas bapaknya raku ketemu bapaknya marika g??? yg bunyinya itu biola dengan nuansa tegang...kalo ad boleh tau judulny ap?

      BalasHapus
    79. Mantap min, di chapter terbaru (168), terkuak bahwa buku itu beneran bukan milik onodera, buku itu dari pemberian teman saat kecilnya (ane berharap chitoge). Jadi prediksi mimin sebagian bener tuhh. Selamat Ya!

      BalasHapus
    80. menurut teori diatas , katanya cewe yg berjanji dengan raku matanya berwana coklat , dan mata chitoge bukan berwarna coklat , melainkan biru

      BalasHapus
    81. menurut teori diatas , katanya cewe yg berjanji dengan raku matanya berwana coklat , dan mata chitoge bukan berwarna coklat , melainkan biru

      BalasHapus
    82. menurut teori diatas , katanya cewe yg berjanji dengan raku matanya berwana coklat , dan mata chitoge bukan berwarna coklat , melainkan biru

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mata chitoge memang bukan warna coklat. Tapi pas kecil matanya warna coklat. Di manga dijelasin kok. Pas kecil mata chitoge wrna coklat,, tpi lama kelamaan jdi biru.

        Hapus
    83. saya berharap bahwa chitoge lah yang bakal jadi pendamping hidup terakhirnya.

      Team Chitoge !

      BalasHapus
    84. Teori x nymbung aq emank dari awal sudah mengarah ke Chitoge hanya perlu di perjelas aj.

      Tpi kalo Chitoge gadis yg udj berjanji 10 thn lalu dan Raku lbh memilih Kosaki gmna kasihan Chitoge x 😭😖😱😥.

      Tpi semoga aj Raku jdi suka sma Chitoge dan Chitoge adlh gadis 10 thn lalu 😤😣🙋🙌.

      Team Chitoge Semangat 🙋🙌😤😣

      BalasHapus
    85. saya #teamchitoge , tapi saya takut dengan yang di katakan/teori milik annisa nuraziza karena bisa jadi aja kalo hubungan raku-chitoge hanyalah pemanis. tapi jika saya melihat raku dan kosaki saya rasa mereka akan jadi pasangan yang hambar. berbeda jika bersama chitoge. dan juga yang menyamakan cerita cinta ini sama kayak naruto ada sisi sama dan juga tidak sama nya. yang pertama, jika di Naruto : Naruto suka sama sakura dan hinata suka sama naruto. itu juga sama dengan Raku yang suka sama Kosaki dan juga Chitoge yang suka dengan Raku. di Naruto, sikap SAKURA LEBIH KE CHITOGE DAN KOSAKI KE HINATA. hanya saja di Nisekoi sikap mereka ditukar. dan yang membuat cerita cinta di nisekoi tidak lah sama dengan di NARUTO karena di nisekoi menceritakan tentang cinta palsu yang kemungkinan besar akan menjadi pure love. sementara di naruto baru saja sadar jika seseorang yang selalu ada untuk nya merupakan cinta sejatinya. dan saya pun mulai bingung dengan penjelasan saya sendiri, pokok nya saya suka banget dengan teori admin :D dari judul nya saja kita sudah tahu akhirnya walau pun masih belum bisa memastikan nya #teamchitoge

      BalasHapus
      Balasan
      1. Chitoge gak selemah sakura, yg selalu bergantung ama main character, terbukti beberapa scene chitoge sesekali bantu si raku, terutama bantu raku dari kenakalan si marika, dan lagi justru malah si kosaki yg keliatan ke "pemanis karakter" alias side character coba bayangin berapa kali chitoge masuk ke story yg lebih banyak muncul.

        Hapus
    86. ijin komen + bertanya...

      kalo sy lebih penasaran siapa yg buat liontinnya raku, soalnya kalo menurut sy pasti liontin dy yg rusak itu pasti bisa dibenerin sama yg buat / yg jual, selain itu pasti juga yg buat tw syp yg beli nya...

      sebenernya sih lebih ppenasarannya liontinnya itu asal usulnya dari mana kalo saya, entah kalo penggemar nisekoi yg lain ^^

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalau menurutku sih yang bisa buat benda benda aneh seperti itu cuma Claude.... Di manganya banyak dia nyiptain benda benda aneh macam itu,,,,,
        Benda unik seperti 1 gembok dengan 4 kunci dan cara membukanya sesuai urutan cuma keluarga behive yang bisa buat.... Dari cerita manganya lho aku ngambil kesimpulan ini ...
        Coba cek aja sendirI Tsugumi selalu dapat benda aneh dari Claude....
        Tapi entah lah....

        Hapus
    87. Oke, teori itu cukup masuk akal, TAPI! Ada beberapa hal yang tidak masuk akal di teori ini : 1. Katanya cewe itu adalah Chitoge. Tapi lihatlah! Memang dijelaskan Chitoge memiliki mata cokelat waktu kecil dan berubah warna. Tapi lihatlah di animenya, Chitoge tidak memiliki mata cokelat melainkan biru! Dan lagipula, rambut Chitoge dengan anak itu berbeda. Yang paling mendekati adalah Kosaki. Lihat rambut depannya, mirip.
      2. Katanya buku yang ada di Kosaki itu pemberian seseorang (yang diperkirakan teori ini adalah Chitoge). Lalu kenapa buku itu tidak dibawa oleh chitoge?
      3. Katanya janji ini adalah janji penting, tapi kenapa mereka semua lupa? (Kecuali Raku yang amnesia)
      4. Lalu katanya kunci yang dipegang kosaki adalah pemberian seseorang, terus kenapa kosaki menganggapnya itu kuncinya? Dan kenapa di episode mana itu yang pasti dia bilang "liontin itu...tak salah lagi."? Bukankah bisa jadi Kosakilah perempuan itu?
      5. Teori di sini bilang Nisekoi mirip-mirip Naruto tapi lihat! Di akhir cerita Naruto bersama Hinata. Di luar dugaankan? Karena sepanjang di manga maupun animenya, naruto cenderung dekat dengan sakura. Hal itu bisa terjadi di nisekoi. Bisa jadi, kosaki yang memang membuat janji bersama raku. Ending memang tak bisa ditebak bukan?

      Belum tentu teoriku ini benar, tapi ingat. Menurutku, sang penulis berusaha membuat orang-orang percaya bahwa chitoge lah yang membuat janji bersama raku. Tapi sebenarnya orang itu adalah kosaki. Entahlah, anime ini benar-benar seperti riddle ataupun case.

      BalasHapus
      Balasan
      1. 1.udah dijelasin kan ama ayahnya chitoge kalo dulu kecil matanya chtoge warna coklat terus gede berubah jadi biru, beserta fot
        2.udah dijelasin ama ibunya chitoge kalo dulu pendant raku ada hubungannya ama bukunya chitoge, dan kemudian ibunya kosaki bilang buku itu pemberian dari seseorang tapi dia lupa.

        Hapus
      2. setuju onodera..walaupun raku lbh dkt sama chitoge

        Hapus
    88. Bakal sedih kalo emng marika bakal mati T.T #TeamMarika

      BalasHapus
    89. Teorinya keren min. Entah kenapa saya juga suka kalo Raku x Chitoge ketimbang Raku x Kosaki. Mungkin karena dari awal saya ga suka chara Kosaki kali :v
      Tapi kalo persepsi ku endingnya masih belum jelas min. Menurutku, bisa jadi Chitoge emang gadis yg membuat janji dgn Raku 10tahun yg lalu karna bukti lebih banyak kepada Chitoge. Dan ending dari cerita ini adalah Raku x Chitoge karna sejak awal yg dikisahkan di manga ini adalah kisah Chitoge dan Raku yg menjalin Cinta Palsu sesuai judulnya NISEKOI? Tapi bagaimana kalo janji itu Raku tdk tepati dan akhirnya memilih Kosaki karna cinta masa kininya adalah Kosaki? Bukankah itu sama saja dengan janji/cinta palsu antara Chitoge dan Raku? Semua masih misteri :3

      BalasHapus
    90. wah teori yg bagus, kalo masalah gadis yg berjanji 10 tahun kita pasti sudah tau itu "chitoge" tp yg kita harap bagaimana jalan cerita, nasib para gadis, dan ending yang paling tepat. semoga naoshi komi sensei tidak ngetroll bikin makin ribet dan panjang jalan cerita.

      sebenarnya saya #team onodera, tapi mau bagaimana lg.. mending kosaki ama ane aja yah haha.. ha (ngarep)

      BalasHapus
    91. wah keliatannya bakal sad ending nih :v

      BalasHapus
    92. maaf ya ... ini jg msih kayaknya kok heee
      menurut saya kayaknya cewek 10thun lalu itu kosaki deh , soalnya dia emang mirip" gitu sm cweknya . tapi .... entah sy mngkin terlalu yakin sm feeling sy sendiri , kayaknya raku pastinya sm chitoge deh , walaupun dia tau klok kosaki itu cintanya dulu , tapi #mungkin rakunya bakal sadar klok cinta sejatinya emang chitoge . dan klok diliat" dari judulnya aja udah kayak hubungan raku sm chitoge . "Nisekoi" cinta palsu . kan emang awalnya cinta mereka palsu"an bgitu , tapi sy yakin (ngarep) raku bakal milih chitoge , soalnya tanpa sadar raku jg punya perasaan sm chitoge yang sblumnya gk prnh dia sadari .
      heee maaf ya klok mimin gak suka sm pendapatnya dan juga tmen" nisekoi lovers , maaf ya klok sy gak sopan , soalnya sy cuman mw ksih tau yg sy fikirin tentang anime ini hehehe
      sekali lagi maaf ya !!!

      BalasHapus
    93. salam #teamchitoge, ane juga punya spekulasi yg kuat juga nih kalo chtoge the promised girlnya dari logika scene

      >bukti chitoge adalah promised girl:
      + kita tahu setiap pendant/kalung raku ilang, pesti ditemuin ama chitoge bahkan dikembaliin ke raku, bukankah itu artinya takdir yg sebenernya chitoge menagih janji dia 10 tahun lalu
      >bukti onodera bukan promised girl
      +waktu scene natal waktu raku mau nembak onodera, pendantnya hilang, tapi mereka malah berhenti mencarinya dan gak menghiraukan pendant tersebut, dan malah ketemuan di pohon natal. bukankah ini artinya cinta mereka gaada kaitannya ama pendant tsb

      spekulasi ending story:
      ending story pun gapakal jauh dari manga one-shot nya nisekoi
      dimana raku gamau melanggar janji yg di ucapkan 10 tahun lalu
      (asumsikan chitoge) setelah 3 tahun kontrak "pacar sandiwara" mereka selesai dan raku mengetahui chitoge adalah the promosed girl, akhirnya dia sadar ada rasa ama chitoge, dan mencegah chitoge pindah ke amerika untuk kesekian kalinya. sama seperti di buku gambar mereka di waktu kecil dimana raku mengubah buka dengan sad ending menjadi bad ending.
      +dibuku gambar juga diceritakan laki yg mengejar putri tapi sayangnya putri tersebut tewas,
      -itu bisa diibaratkan juga chitoge yg putus asa akhirnya kembali ke amerika dan melupakan cinta masa kecilnya, kenapa chitoge diasumsikan sebagai
      +kenapa chitoge saya asumsikan sebagi putri di gambar tersebut dan raku adalah pahlawannya
      -karena kita tau cuman seorang TSUNDERE lah yg dapat mengubah laki biasa menjadi laki sejati bak pahlawan, terbukti raku berani melawan siapapun seperti tsugumi, cloude bahkan marika demi mempertahankan chitoge.

      BalasHapus
      Balasan
      1. maap maksudnya menubah sad ending menjadi happy ending

        Hapus
    94. sebenernya bisa ditinjau sederhana sih.. pengarangnya Naoshi Komi dari awal mungkin pengen masangin sama onodera dgn bukti mata coklat itu. tapi melihat berkembangnya jalan cerita akhirnya dia bikin twist kalo mata chitoge semakin dewasa semakin berubah warna. kalo diliat rada ngga masuk akal kan?
      tapi karna ini karya Naoshi Komi, dia mungkin aja merubah suatu hal yg bener2 ngga mungkin menjadi mungkin toh? demi pasangannya raku dan chitoge.

      tapi ada kemungkinan juga sih kalo endingnya bakal dibikin twist lagi. jadi raku psangan dgn onodera. Itu masih mungkin. karena kadang seorang penulis bisa merubah jalan ceritanya karena terpengaruh situasi bukan berdasarkan ide dasarnya. ITU MUNGKIN YAA.

      ini pendapat saya yg sederhana. padahal saya pun blm nonton nisekoi karena saya takut endingnya bakal mengecewakan. apalagi saya mendukung chitoge #TeamChitoge
      soalnya kadang cewek tsundere suka kalah sama cewek lemah lembut kayak onodera :')
      makanya saya ngga mau kecewa kayak ending Naruto (hidup NaruSaku!!!)

      tapi saya ngga menolak teori admin. semoga deh Raku berakhir sama Chitoge :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Warna coklat di mata itu vukan dari awal, tapi di chapter 91, dari awal emang authornya dari one-shot nisekoi emang udah dipasangin rakuxchitoge

        Hapus
    95. Siapapun pemberi liontin itu, tapi nampaknya ichijo akan tetap bersama chitoge. Karna perjalanan panjang hubungan palsu mereka akhirnya cinta mereka menjadi nyata...

      BalasHapus
    96. Untuk menghibur kedua fans mungkin bisa aja onodera yang ngasih liontin, tapi si ichijo akhirnya tetap memilih chitoge. Yaa kayak difilm2 indonesia aja wkwk. Dari awalnya berantem mulu jadi saling suka

      Maaf cuma berpendapat

      BalasHapus
    97. Chapter terakhir manganya sih udah bikin gue yakin Chitoge yg ada dihati Raku selama ini, walaupun Raku terus-terusan menyangkal bahwa dia cuma suka sama Onodera.
      Tapi waktu tau Chitoge punya seseorang yg dia suka ternyata Raku uring-uringan sendiri.
      Wah udah lah ini ketauan endingnya.
      #teamChitoge

      BalasHapus
    98. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    99. Kok di anime nya episode 12 udah Tamat....
      Takutnya Nggak di terusin... Gimana ya.
      Padahal udah mulai bagus di chapter komiknya,,,
      Raku udah mulai sadar dengan perasaaperasaannya ke Chitoge....
      Meskipun dia masih nyangkal....
      #Teamchitoge

      BalasHapus
      Balasan
      1. Belum tamat tu
        kalo mnurut gw anime krng tamatnya tu ketika S nya sudah ada 24 episode kurng libih
        coba aja bca manganya
        Gw jga gitu

        Hapus
      2. Belum tamat tu
        kalo mnurut gw anime krng tamatnya tu ketika S nya sudah ada 24 episode kurng libih
        coba aja bca manganya
        Gw jga gitu

        Hapus
    100. Bener gw suka sama teorinya nih tapi yang bikin ngeganjel di pikiran gw itu
      inget gak waktu onodera sama raku jalan2 pas natal ?
      Terus raku itu memperbaiki kuncinya ehh malah di buang sama anak tukang kunci tu
      terua tukang kunci itu ngabarin kejadiannya ini sama raku dan onodera
      raku langsung nyuruh onodera buat nunggu di bawah pohon natal untuk nunggu acaranya di mulai kalo gak salah
      terus raku langsung cepet2 pergi ke tong sampah yang di suruh sama tukang kunci itu
      dan di tengah jalan jam menunjukan acaranya akan segera mulai dan di sana dia bingung mau milih mencari liontin ( sebagai janji lama ) atau bertemu onodera ( sebagai janji yang baru ) dan akhirnya dia milih nyari onodera dan untung liontinya di temuin anak tukang kunci itu
      jadi gw berpikir raku tu kayak milih cintanya yang sekarang ketimbang masa lalunya gitu
      Jadi gw berpikir walaupun raku kalo udah tau tu siapa gadis yang buat janji ma dia dan akhirnya tetep aja raku milih nya onodera
      menurut mimin gmna ?
      tapi gw bener lebih suka kalo raku bakal milih chitoge karena gua ngefans jga ma chitoge
      terua kehidupannya raku berubah ketika dia bareng sama chitoge
      waktu chitoge akan balik ke amerika raku ngerasa kesepian bnget smpe bela2in dteng ke rumahnya chitoge buat nylametin dia yang lagi di sekap ma claude terua si raku risih ketika tau chitoga udah punya gebetan yang dia gak tau itu adalah dirinya sendiri -_-

      BalasHapus
      Balasan
      1. Lo udah baca manga yg terakhir di update blm?
        Yg ceritanya Raku ngedate bareng sama Chitoge terus Raku tau kalo ada cowok yg disukain sama Chitoge dan saking ngga pekanya, Raku ngga tau kalo Chitoge suka sama Raku.
        Waktu tau Chitoge suka sama cowok lain, si Raku mulai kepikiran dan penasaran. Hatinya juga ngga rela kalo Chitoge suka sama cowok lain. Tapi namanya juga cowok ngga pekaan, dia ngga sadar kalo dia udah jatuh cinta sama Chitoge. Raku tetep aja nyakinin diri kalo cewek yg dia suka itu Onodera. Yahhh mungkin ini plot twistnya kayaknyaaa.
        Baca aja dehh chap trakhirnyaa biar ngga bingung. Kalo ngga salah chap 176 hehe

        Hapus
    101. Bener gw suka sama teorinya nih tapi yang bikin ngeganjel di pikiran gw itu
      inget gak waktu onodera sama raku jalan2 pas natal ?
      Terus raku itu memperbaiki kuncinya ehh malah di buang sama anak tukang kunci tu
      terua tukang kunci itu ngabarin kejadiannya ini sama raku dan onodera
      raku langsung nyuruh onodera buat nunggu di bawah pohon natal untuk nunggu acaranya di mulai kalo gak salah
      terus raku langsung cepet2 pergi ke tong sampah yang di suruh sama tukang kunci itu
      dan di tengah jalan jam menunjukan acaranya akan segera mulai dan di sana dia bingung mau milih mencari liontin ( sebagai janji lama ) atau bertemu onodera ( sebagai janji yang baru ) dan akhirnya dia milih nyari onodera dan untung liontinya di temuin anak tukang kunci itu
      jadi gw berpikir raku tu kayak milih cintanya yang sekarang ketimbang masa lalunya gitu
      Jadi gw berpikir walaupun raku kalo udah tau tu siapa gadis yang buat janji ma dia dan akhirnya tetep aja raku milih nya onodera
      menurut mimin gmna ?
      tapi gw bener lebih suka kalo raku bakal milih chitoge karena gua ngefans jga ma chitoge
      terua kehidupannya raku berubah ketika dia bareng sama chitoge
      waktu chitoge akan balik ke amerika raku ngerasa kesepian bnget smpe bela2in dteng ke rumahnya chitoge buat nylametin dia yang lagi di sekap ma claude terua si raku risih ketika tau chitoga udah punya gebetan yang dia gak tau itu adalah dirinya sendiri -_-

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kemungkinan nih berarti
        -onodera bukan promissed girl karena bukan pas scene natal doang, di manga chapter 13 ato anime season 1 episode 6 waktu kosaku mau nembak raku, si raku juga pendantnya ga dipake malah pendant ditemuin ama chitoge
        -kalo bener chitoge the promissed girl dan raku tetep pilih kosaki (yg bukan promised girl) berarti raku orang bajingan yg ga bisa nepatin janjinya.

        Hapus
      2. Bener juga tapi di situ menurut gua konfliknya
        raku bakal milih siapa
        orang yang dia sukai dulu atau sekarang haha
        oh ya btw tu beneran ya kuncinya yui tu patah ?
        dab patahannya itu nyangkut di pendantnya si raku makanya gaj bakal bisa kebuka ?

        Hapus
      3. Kalo menurut ane sih endingnya gajauh2 dari one-shot manganya nisekoi, dimana raku gamau melanggar janjinya 10 tahun yg lalu, akhirnya ngejer si chitoge tapi dihadang si claude, tapi akhirnya mereka bersatu

        Kalo soal kuncinya yui yg patah ane gatau.

        Hapus
    102. Biar adil min sama semua krakter, lebih baik si raku jadi biksu aje, hahahahah plot nya twist bgt kalo kaya gini :D

      BalasHapus
    103. bagus min teorinya masuk akal banget sama gampang dipahamin, emang sih kalo menurut ane juga akhirnya sama chitoge hehe:v, iya tapi tetep aja keputusan berada di naoshi kan? bisa aja hal yang tak terduga ya tapi semoga naoshi bikin happy ending lah dan gak bikin fans nisekoi kesel atau kecewa sama dia saya mau nanya dong min itu nisekoi s2 kan endnya eps 12 kalo dimanganya chapter berapa ya? makasih :) #TEAMCHITOGE

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yang penyelidikan pitanya chapter 106 gan,,,,,
        Terus mencoba menyatakan cintanya itu chapter 100...
        , Sorry bukan adminya yang jawab ;-)
        #TeamChitoge.....

        Hapus
    104. Ini saya mau nanya season 2,,, ternyata cuma 12 episode sudah complete,,, kira kira season 3 kapan ya mulai rilis lagi???

      Terus di manganya lama lama kok bikin boring ya mistery terpinggirkan oleh cerita nya YUI.... Seharusnya ceritanya juga masih nyambung ke misteri kunci ini lah....
      Dan menurutku makin kesini CHITOGE makin tersisihkan karena jarang muncul.....

      Entahlah semoga di chapter selanjutnya kembali lagi inti ceritanya.....

      BalasHapus
    105. saya punya teori tentang endingnya nih.. menurut saya isi dari kalung tuh bukanlah cincin.. tp melainkan halaman terakhir dari buku bergambarnya 'zaxia' itu.. kemungkinan ada foto atau nama dari mereka berdua di sana.. mungkin itu yang bisa membuat mereka mengingat kembali kenangan mereka

      BalasHapus
    106. Ini ane tambahin bukti bahwa chitoge yg berjanji pd raku, di anime episode 1-5 (ane lupa) si chitoge membaca diary yang di tulis nya semasa kecil. Namun ada satu hal yang mengganjal, yaitu chitoge gk nulis catatan diary pd hari keberangkatannya. Bukankah ini aneh? Soalnya di hari hari sebelumnya chitoge selalu menulis diarynya. Jadi ane berimo(nyambung imo dr agan diatas) si chitoge membuat diarynya itu tp ketinggalan di dalam buku zawse in love. Dan hampir" ending, si chitoge bakal nemuin tu apa yg di tulisnya waktu hr keberangkatan. Dan menurut ane tulisannya "hari ini hari keberangkatan dan perpisahan ku dengan raku. Namun kami telah berjanji, kami akan bertemu lagi dan akan menikah dengannya serta hidup bahagia selamanya".

      Selain dr itu, coba lihat di akhir season 1, wktu parade romeo dan juliet, bukankah scene yg dimainkan itu setidaknya menggambarkan nisekoi dr awal hingga akhir cerita. haha

      BalasHapus
    107. Sebetulnya kemungkinan chitoge yang di pilih ama raku.... tapi we masih dukung Onodera Kosaki yang jadi pilihan raku....
      Hehehe.... itu hanya kemauan we sih.... entah kalau yang berbeda pendapat ama we....
      #TeamOnoderaKosaki :v

      BalasHapus
    108. kalo saya pribadi dukung raku pilih kosaki, karna dijelaskan cewe 10thn yang lalu bermata coklat/hitam

      BalasHapus
    109. YES !! raku sama chitoge !! aku terus mendukungmu #teamchitoge

      BalasHapus

  • Copyright © 2013 - Nisekoi Indonesia - All Right Reserved

    Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan dan Gudang Ilmu